Terapkan Modul SMK Plus 1 Tahun, SMKN 4 Kupang Fokus Lahirkan Penenun Profesional

- Kamis, 2 Juni 2022 | 18:48 WIB
Dua siswi SMKN 4 Kupang menenun di sekolah itu sebagai perwujudan Program SMK Plus 1 Tahun.  (victorynews.id/Sinta Tapobali)
Dua siswi SMKN 4 Kupang menenun di sekolah itu sebagai perwujudan Program SMK Plus 1 Tahun. (victorynews.id/Sinta Tapobali)

KUPANG, VICTORYNEWS - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri atau SMKN 4 Kupang, NTT merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Modul SMK Plus 1 Tahun.

Modul SMK Plus 1 Tahun dikembangkan untuk menjawab tantangan ke depan soal bagaimana siswa dapat menjadi pengusaha dan mandiri secara finansial.

Setelah menyelesaikan modul SMK Plus 1 Tahun, siswa dituntut untuk membuat produk nyata yang dapat mendorong siswa untuk mandiri setelah lulus SMK.

Baca Juga: Ketua Mahkamah Konstitusi Sebut MK Bisa jadi Pengawal Ideologi Negara

Kepala SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu mengatakan bahwa dalam penerapan modul SMK Plus 1 Tahun, SMKN 4 Kupang berkonsentrasi untuk menghasilkan para penenum profesional.

"Kami di SMKN 4 konsentrasi pada tenun. Untuk pengembangan SMK Plus1 Tahun ini, maka kami harapkan tujuan pembelajaran ini nanti, bisa menghasilkan tenaga- tenaga penenun yang profesional," jelas Semi Ndolu, Kamis (2/6/2022) siang.

Semi mengatakan bahwa selama ini pembelajaran berbasis project atau penugasan sudah dilaksanakan, namun masih ada banyak hal yang belum dilaksanakan.

Baca Juga: Musim Kemarau, BMKG : Ini Sebaran Wilayah Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan di NTT

Sehingga dengan adanya program SMK Plus 1 Tahun ini, tidak saja untuk menyiapkan tenaga instruktur maupun guru kejuruan, namun bisa juga menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai budaya tinggi sekaligus memiliki nilai jual yang layak.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah PMK, PLBN Motaain Gunakan Karpet Disinfektan

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:07 WIB
X