PPDB Jalur Zonasi Upaya Wujudkan Layanan Pendidikan Berkeadilan

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 21:52 WIB
Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek Jumeri berpose bersama kepala sekolah dan para guru SMAN 5 Kupang, beberapa waktu lalu. (victorynews.id/Sinta Tapobali)
Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek Jumeri berpose bersama kepala sekolah dan para guru SMAN 5 Kupang, beberapa waktu lalu. (victorynews.id/Sinta Tapobali)

JAKARTA, VICTORYNEWS--Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi merupakan upaya mewujudkan layanan pendidikan berkeadilan.

Sejak tahun 2017, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengeluarkan kebijakan zonasi dalam PPBD untuk agar layanan pendidikan adil.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek, Jumeri dalam webinar secara daring, mengatakan kebijakan PPDB melalui jalur zonasi, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses layanan pendidikan yang berkeadilan.

Sehingga dalam PPDB Pemerintah menerbitkan aturan untuk kuota jalur zonasi harus lebih banyak dibandingkan jalur lainnya.

Baca Juga: Tahun Ini SMK Negeri 4 Kupang Terima 288 Peserta Didik Baru dengan 8 Rombel

Menurutnya, pedoman yang digunakan dalam pelaksanaan PPDB tahun 2022, masih seperti tahun lalu, yaitu Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 yang di dalamnya telah dijelaskan bahwa PPDB dilakukan melalui empat jalur yaitu zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan jalur prestasi.

Sebagaimana telah disebutkan dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, Jumeri mengatakan bahwa ada besaran kuota pada setiap jalur PPDB di masing-masing jenjang satuan pendidikan.

Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), kuota sebanyak 70 persen dari daya tampung sekolah digunakan untuk zonasi, 15 persen untuk afirmasi, dan 5 persen pada jalur perpindahan orang tua.

Baca Juga: Listrik Jembatan Palmerah Flotim Nanti Bisa Ubah Air Laut Jadi Tawar

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

'Perangi' Stunting, Data, dan 'Miracle Tree'

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:38 WIB

Kabupaten Kupang Bentuk Dua Kampung Toleransi

Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:31 WIB

Kadis P dan K NTT Dukung Taman Edukasi Rempah

Senin, 1 Agustus 2022 | 22:50 WIB
X