Dosen Undana Kupang, Marsel Robot : Kepala Sekolah Bukan Pedagang Sapi Politik

- Senin, 20 Juni 2022 | 21:06 WIB
Dr. Marsel Robot, Dosen Undana Kupang soal seleksi kepala sekolah di NTT. Foto: Dok Pribadi
Dr. Marsel Robot, Dosen Undana Kupang soal seleksi kepala sekolah di NTT. Foto: Dok Pribadi

KUPANG, VICTORYNEWS - Puluhan sekolah tingkat SMA/SMK di NTT yang tidak memiliki kepala sekolah resmi atau definitif perlu diawasi.

Proses seleksi kepala sekolah definitif yang lama pun perlu dicurigai agar tidak diisi oleh kaki tangan politik terlebih akan memasuki tahun-tahun pemilu.

Marsel Robot akademisi Undana Kupang yang juga pengamat pendidikan menyampaikan ini saat dihubungi pada Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Breaking News, Sidang Randi Badjideh di Pengadilan Negeri Kupang Ricuh

"Sekolah juga tidak netral dari politik. Aalagi dengan kedudukan kepala sekolah yang menjadi sangat penting untuk stakeholder politik. Oleh karena itu kadang kala keterlambatan itu karena sedang memilih dan memilah," ucapnya.

Menurutnya, proses memilih dan memilah karena kepentingan politik ini adalah bentuk kejahatan di bidang pendidikan karena akan berpengaruh pada kualitas, kepemimpinan juga manajemen pendidikan.

"Menurut saya ini cukup riskan ketika kepala sekolah itu sudah menjadi bagian dari politik juga dia ikut menyumbangkan tenaga dan lain hal untuk kepala daerah," tambah dia.

Baca Juga: 70 Pasangan di Kupang Rayakan HUT Perkawinan Bersama, Difasilitasi Paroki St Yosep Naikoten

Status kepala sekolah ini, kata Marsel, bukan hadir di sekolah dalam hal manajemen atau sebagai pemimpin pendidikan tetapi bisa jadi menjadi kaki tangan pemerintah atau para politisi.

"Kalau sampai mencari kaki tangan maka penentuan kepala sekolah sangat tergantung pada sponsor tertentu. Bila seperti itu maka kadangkala lamban karena memilih mau pilih siapa," jelasnya lagi.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Lebih Dekat Pater Kanisius Bhila, SVD

Senin, 27 Juni 2022 | 20:41 WIB

Museum Harus Dijadikan Sekolah Kedua

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:05 WIB
X