Wabah PMK Meluas Jelang Idul Adha, Kemenag Akan Siapkan Aturan Hewan Kurban

- Kamis, 23 Juni 2022 | 21:17 WIB
Presiden Jokowi memimpin rapat mengenai penanganan PMK di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis (23/6/2022). (setkab.go.id)
Presiden Jokowi memimpin rapat mengenai penanganan PMK di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis (23/6/2022). (setkab.go.id)

JAKARTA, VICTORYNEWS - Idul Adha 1443 Hijriah sudah dekat.

Namun Idul Adha yang akan dirayakan oleh Umat Muslim sebagai Hari Kurban itu berhadapan dengan semakin meluasnya Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Karena itu, Kementerian Agama (Kemenag) akan mellngelyarkan aturan terkait hewan kurban agar hewan yang dikurbankan benar-benar sehat.

Baca Juga: Kemiskinan di NTT Masih Stabil di Angka 22,44 Persen

Hal ini disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Kamis (23/6/2022).

Ia mengatakan itu usai mengikuti rapat perkembangan dan penanganan kasus PMK, yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Menjelang dan pada Iduladha dan tiga hari tasyrik di Iduladha pasti kebutuhan hewan ternak terutama sapi dan kambing itu akan tinggi. Tapi mengingat wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) ini, di Kementerian Agama akan melakukan pengaturan terkait bagaimana kurban hewan-hewan ternak dalam masa pandemi PMK ini,” kata Menag.

Baca Juga: Jaga Silaturahmi, Wakapolda NTT : Warakawuri juga Bagian dari Keluarga Polri

Menag menyampaikan, pihaknya terus berkoordinasi dengan ormas Islam di seluruh Indonesia untuk menyosialisasikan mengenai pelaksanaan kurban di masa PMK kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Museum Harus Dijadikan Sekolah Kedua

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:05 WIB
X