Marungga-SID, MLKI dan Kemendikbudristek Berkolaborasi Latih Penyuluh Marapu Tingkat Terampil

- Senin, 27 Juni 2022 | 13:30 WIB
Asisten III Setda Sumba Timur Lu Pelindima berpose bersama Pengurus Marapu, Narasumber, dan Fasilitator dari Kemendikbud dan MLKI dalam Pelatihan Penyuluh Marapu Tingkat Terampil. (dok. Marungga Foundation)
Asisten III Setda Sumba Timur Lu Pelindima berpose bersama Pengurus Marapu, Narasumber, dan Fasilitator dari Kemendikbud dan MLKI dalam Pelatihan Penyuluh Marapu Tingkat Terampil. (dok. Marungga Foundation)


WAINGAPU, VICTORYNEWS - Para penyuluh Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Kabupaten Sumba Timur, NTT dilatih peningkatan kompetensi dan diuji kompetensi tingkat Terampil.

Pelatihan dan uji kompetensi itu dilakukan oleh Yayasan Masyarakat Tangguh Sejahtera (Marungga Foundation), Sumba Integrated Development (SID), Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) dan Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat (Direktorat KMA) Kemendikbudristek.

Pelatihan itu digelar di Hotel Jemmy, Kota Waingapu Sumba Timur, selama enam hari mulai Senon (27/6/2022) hingga 2 Juli 2022 mendatang.

Baca Juga: Saksi Ahli dari Pihak Randi Badjideh Minta Sidang Direkam, Hakim tak Beri Izin

Pelatihan itu didukung oleh Lembaga Voice Global dengan pendekatan tema program peningkatan layanan pendidikan dan sosial bagi penghayat Marapu di Sumba Timur.

Bupati Sumba Timur dalam sambutanya yang disampaikan oleh Asisten Adminitrasi Umum Lu Pelindima mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi penghayat Marapu terutama yang berkaitan dengan layanan pendidikan.

Apalagi, saat ini, Kabupaten Sumba Timur merupakan peringkat satu daerah yang penghayat kepercayaannya tertinggi di Indonesia.

Baca Juga: Dijanjikan Kerja di Papua Namun Dibawa ke Ambon, Pemuda Asal NTT Nekat Loncat ke Laut

Lebih lanjut Pelindima mengatakan bahwa akses layanan pendidikan penghayat Marapu akan menjadi perhatian pemerintah daerah.

Dia berharap agar kegiatan peningkatan kompentensi ini dapat meningkatkan kapasitas dan memperkuat komitmen calon penyuluh agar benar-benar mau melayani dengan baik.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UNIK! Ada "Ninja" di HUT Kemerdekaan RI

Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:32 WIB

Unitri Malang Rancang KKN Tematik

Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:00 WIB

'Perangi' Stunting, Data, dan 'Miracle Tree'

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:38 WIB
X