Tarian Bonet Iringi Pelepasan Laskar Rempah RI dari Kota Kupang

- Senin, 27 Juni 2022 | 15:24 WIB
Rombongan Laskar Rempah RI menari Tarian Bonet bersama sesaat sebelum meninggalkan Kota Kupang, Senin (27/6/2022).  (victorynews.id/kekson salukh)
Rombongan Laskar Rempah RI menari Tarian Bonet bersama sesaat sebelum meninggalkan Kota Kupang, Senin (27/6/2022). (victorynews.id/kekson salukh)

KUPANG, VICTORY NEWS- Setelah tiga hari mengunjungi Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi NTT, sebagai salah satu titik pelayaran, 38 Laskar Rempah dari 34 provinsi di Indonesia yang merupakan kontingen Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 melanjutkan pelayaran menuju Surabaya, Jawa Timur.

Acara pelepasan digelar di Pelabuhan Tenau Kupang, Senin (27/6/2022) pagi dihadiri langsung Pejabat Kemendikbudristek, Pejabat Kemenkominfo RI, Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Henderina Laiskodat dan Sekda Kota Kupang, Fahrensy Funay.

Menariknya, pelepasan Laskar Rempah itu diiringi Tarian Bonet yang dipentas siswa-siswi SMA Negeri 1 Kupang.

Baca Juga: Kepala Kantor Bahasa NTT: Saya Terpesona dengan Bahasa Daerah di NTT

Tari Bonet adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tarian ini dianggap sebagai tarian masyarakat pulau Timor yang paling tua.

Bonet ini melambangkan semangat serta kebersamaan. Tarian ini dilakukan oleh banyak orang, sekitar 20 orang lebih dengan membentuk sebuah lingkaran bulat sambil berpegangan tangan.

Fahrensi Funay dalam sambutannya mengatakan, pemerintah dan masyarakat kota Kupang mengucapkan terima kasih kepada panitia dan peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah yang telah mengunjungi kota Kupang.

Baca Juga: Utang Makan tak Dibayar, Pemilik Warung Segel Kantor PT Andhi Karya di Perumahan Tanah Merah Lembata

Ia berharap kehadiran KRI Dewaruci dan Laskar Rempah RI dapat memotivasi masyarakat untuk kembali budi daya dan melestarikan pohon Cendana sebagai rempah-rempah potensial.

"Kami juga berharap kegiatan ini dapat mendorong anak muda di NTT untuk peduli budaya, " ujarnya.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UNIK! Ada "Ninja" di HUT Kemerdekaan RI

Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:32 WIB

Unitri Malang Rancang KKN Tematik

Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:00 WIB

'Perangi' Stunting, Data, dan 'Miracle Tree'

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:38 WIB
X