SIAP SIAGA Gelar Workshop Sosialisasi Rancangan Renkon Gempa Bumi Berpotensi Tsunami di NTT

- Kamis, 30 Juni 2022 | 17:24 WIB
Situasi pelaksanaan Workshop Sosialisasi Rancangan Renkon Gempa Bumi Berpotensi Tsunami di Provinsi NTT yang digelar SIAP SIAGA, Kamis, (30/6/2022) siang di Hotel Sotis Kupang.  (victorynews.id/kekson salukh)
Situasi pelaksanaan Workshop Sosialisasi Rancangan Renkon Gempa Bumi Berpotensi Tsunami di Provinsi NTT yang digelar SIAP SIAGA, Kamis, (30/6/2022) siang di Hotel Sotis Kupang. (victorynews.id/kekson salukh)

KUPANG, VICTORY NEWS-Program SIAP SIAGA melaksanakan Workshop Sosialisasi Rancangan Renkon Gempa Bumi Berpotensi Tsunami di Provinsi NTT secara luring/offline untuk peserta dalam Kota Kupang dan secara daring/online untuk peserta dari luar kota Kupang, Kamis (30/6/2022) siang di Hotel Sotis Kupang, NTT.

Program policy officer SIAP SIAGA NTT, Selvister Ndaparoka menjelaskan, tujuan Workshop Sosialisasi Rancangan Renkon Gempa Bumi Berpotensi Tsunami di Provinsi NTT untuk menyusun draft rencana kontingensi gempa bumi berpotensi tsunami Provinsi NTT sesuai dengan struktur isi dokumen rencana kontingensi dalam panduan RENKON 5.0.

Secara khusus, masing-masing sektor yang terlibat dalam kegiatan ini bertujuan mendapatkan masukan untuk revisi dan finalisasi dokumen rencana kontinjensi gempa bumi berpotensi tsunami di NTT.

Baca Juga: BMKG Imbau Warga Waspada Gelombang Tinggi hingga Awal Juli, Bisa Capai 5 Meter

"Output-nya dokumentasi input untuk revisi dan finalisasi dokumen Rencana Kontingensi Gempa Bumi berpotensi Tsunami di NTT, dan Final dokumen Renkon, " cetusnya.

Lebih lanjut Syilvester mengatakan, pertemuan itu untuk mendapatkan masukan dan komitmen dari berbagai stakeholders yang bisa melahirkan dokumen rencana kontingensi yang bermutu.

SIAP SIAGA mendorong agar seluruh stakeholders terlibat dalam strategi dan kolaborasi dalam peringatan dini yang terus dilakukan demi kepentingan kualitas dokumen tersebut.

"Dalam diskusi ini kita ingin teman-teman stakeholders terpapar dalam posisi strategis mereka dalam penyusunan dokumen kontingensi ini. Kami ingin tahu juga kekuatan yang ada dalam lembaga masing-masing, " katanya.

Baca Juga: Lantik Pengurus KONI Sabu Raijua, Josef Nae Soi: Olahraga Bukan Sekadar Prestasi

Menariknya, kata dia, hasil workshop itu ada komitmen nyata yang akan di follow up dalam peran saat terjadinya bencana. Misalnya Telkomsel akan mengirimkan pesan peringatan saat adanya bencana.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah PMK, PLBN Motaain Gunakan Karpet Disinfektan

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:07 WIB
X