Penerapan Kurikulum Merdeka di SMPN 11 Kupang Bemanfaat bagi Siswa dan Guru

- Jumat, 1 Juli 2022 | 17:16 WIB
SMPN 11 Kupang salah satu sekolah penggerak yang menerapkan kurikulum merdeka sejak tahun 2021 lalu.  (victorynews.id/sinta tapobali)
SMPN 11 Kupang salah satu sekolah penggerak yang menerapkan kurikulum merdeka sejak tahun 2021 lalu. (victorynews.id/sinta tapobali)

KUPANG, VICTORY NEWS-Penerapan kurikulum merdeka di Sekolah menghasilkan banyak manfaat positif baik untuk siswa maupun guru.

Kepala SMPN 11 Kupang, Warmansyah, Jumat (01/06/2022) siang mengatakan, penerapan kurikulum merdeka belajar di SMPN 11 Kupang berjalan baik dan menghasilkan banyak manfaat bukan hanya bagi siswa namun juga untuk guru dan sekolah.

Menurut Warmansyah, sejak tahun 2021 lalu, SMPN 11 Kupang merupakam salah satu sekolah negeri yang lolos sebagai sekolah penggerak setelah mengikuti tahapan seleksi dan tes dari Kemendikbudristek.

Baca Juga: Putusan Kasus Wali Kota Kupang Cup: Hakim Perintahkan Jerat Agus Ririmase Cs, Begini Kata Kajari Kupang

Kurikulum merdeka katanya memiliki perbedaan mendasar ketimbang kurikulum yang pernah diterapkan di Indonesia. Dalam kurikulum ini guru bebas merancang modul dan modul ini lebih sederhana namun lengkap dibandingkan RPP dalam K13.

Inti Kurikulum Merdeka adalah Merdeka Belajar dan melalui konsep itu, Kurikulum Merdeka diciptakan dengan tiga keunggulan mendasar bagi murid, guru dan sekolah.

Dalam kurikulum merdeka ini materi yang diajarkan lebih sederhana dan mendalam di mana lebih fokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik.

Bagi para guru, Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan dalam mengajar sesuai tahapan capaian dan perkembangan peserta didik. Sekolah juga diberikan kewenangan untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum sesuai dengan karakteristik sekolah tersebut.

Baca Juga: Kios Pintar SDI Liliba Diminati Para Siswa

"Kurikulum Merdeka lebih relevan dan interaktif. Pembelajaran bukan hanya dilakukan di dalam kelas, namun juga melalui berbagai kegiatan berbasis proyek. Dengan demikian, peserta didik akan mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan saat lulus sekolah," tuturnya.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagu Cinta Rizki Febian, Lirik Lagu Hingga Tua Bersama

Rabu, 28 September 2022 | 14:43 WIB

710 Lulusan UKAW Kupang akan Diwisuda Besok

Jumat, 23 September 2022 | 17:11 WIB
X