ICRAF Ajak Pemuda NTT Jadi Peneliti Lanskap

- Jumat, 1 Juli 2022 | 20:40 WIB
Situasi Sosialiasi Inkubator Peneliti Muda Lanksap untuk Dosen Perguruan Tinggi di NTT di Swiss Belcourt, Kupang pada Jumat, (01/07/2022). (victorynews.id/Kekson Salukh)
Situasi Sosialiasi Inkubator Peneliti Muda Lanksap untuk Dosen Perguruan Tinggi di NTT di Swiss Belcourt, Kupang pada Jumat, (01/07/2022). (victorynews.id/Kekson Salukh)

 

KUPANG, VICTORYNEWS- World Agroforestry (ICRAF) Indonesia ajak 40 lulusan muda perguruan tinggi untuk mengambil peran aktif sebagai peneliti muda lanskap.

Perekrutan 40 pemuda ini dalam upaya menjawab tantangan dalam tata kelola lahan, ketahanan pangan, pemberdayaan perempuan, dan mitigasi/adaptasi dampak perubahan iklim pada petani kecil dan kelompok masyarakat rentan lainnya di NTT

Melalui proyek Sustainable Landscapes for Climate-Resilient Livelihoods in Indonesia (Land4Lives) di Provinsi NTT, ICRAF Indonesia menyelenggarakan kegiatan Inkubator Peneliti Muda Lanskap (IPML) yang dirancang untuk putra-putri daerah yang berdomisili di Nusa Tenggara Timur dan akan berlangsung selama 2 hingga 3 bulan. 

Baca Juga: Tak Sama Dengan Tahun Lalu, Inflasi NTT Kembali Naik

Koordinator Proyek Land4Lives Andree Ekadinata mengatakan, kegiatan IPML adalah program pelatihan dan penguatan kapasitas bagi lulusan perguruan tinggi (periode tahun 2018-2022) yang memiliki kepedulian pada lingkungan dan motivasi tinggi untuk meningkatkan kapasitas diri.

Lanjut Andree, kegiatan itu bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda peduli perubahan iklim untuk ikut serta dalam pengelolaan lanskap berkelanjutan. 

“Selain itu ICRAF ingin berkontribusi dalam ekosistem penelitian di tanah air dengan membuka kesempatan bagi lulusan muda untuk meningkatkan kapasitas mereka dan juga terlibat langsung dalam aksi lapangan, berinteraksi dengan masyarakat," kata Andree dalam kegiatan Sosialiasi Inkubator Peneliti Muda Lanksap untuk Dosen Perguruan Tinggi di NTT di Swiss Belcourt, Kupang pada Jumat, (1/7/2022).

Baca Juga: Sejak 2015, Ribuan Permohonan Penerbitan Sertifikat Tanah di Kabupaten Kupang Belum Diselesaikan

Ia berharap melalui kegiatan ini akan lahir peneliti-peneliti handal dengan kepekaan yang tinggi pada kepentingan masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

710 Lulusan UKAW Kupang akan Diwisuda Besok

Jumat, 23 September 2022 | 17:11 WIB

LENGKAP, Serial Terakhir BIG MOUTH

Rabu, 21 September 2022 | 09:57 WIB
X