PENTING! Kepala BKKBN NTT: Kesehatan Reproduksi Perempuan Belum Jadi Prioritas Utama Sebelum Menikah

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:25 WIB
Kepala BKKBN Marianus Mau Kuru saat menyampaikan soal kesehatan reproduksi perempuan yang belum menjadi prioritas. (victorynews.id/Beverly Rambu)
Kepala BKKBN Marianus Mau Kuru saat menyampaikan soal kesehatan reproduksi perempuan yang belum menjadi prioritas. (victorynews.id/Beverly Rambu)

KUPANG, VICTORYNEWS-Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTT Marianus Mau Kuru menegaskan kesehatan reproduksi perempuan di NTT belum menjadi prioritas utama sebelum menikah.

Hal ini ditegaskan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTT dalam kegiatan Penguatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengelola Rumah Data Kependudukan, Jumat (5/8/2022).

Marianus Mau Kuru mengatakan masih banyak perempuan di NTT yang tidak memperhatikan kesehatan reproduksi dan kesehatan fisik sebelum menikah sehingga sangat berpengaruh terhadap kesiapan mereka untuk hamil, mengandung, dan berpotensi melahirkan anak stunting.

Baca Juga: Atlet NPC NTT Berprestasi di ASEAN Para Games IX 2022 Tanpa Anggaran Khusus dari Pemprov

Ia mencontohkan dalam salah satu sosialisasi persiapan pernikahan di Kota Kupang, setelah melakukan tes kesehatan, BKKBN menemukan hampir 70 persen calon pengantin perempuan belum siap untuk menikah dan hamil.

 

"Masyarakat belum terlalu paham jika memeriksakan kesehatan baik untuk perempuan dan laki-laki sebelum menikah itu sangat penting. Perempuan yang mengalami anemia sebaiknya tidak hamil dulu, tidak menikah dulu karena jika nikah lalu hamil akan berpotensi melahirkan anak stunting. Sebaiknya ditunda dulu supaya anemia bisa diatasi, setelah menikah dan hamil anak sehat," ujarnya.

Ia mengakui, meskipun sudah melakukan sosialisasi soal pentingnya kesehatan reproduksi bagi perempuan namun banyak yang belum paham.

Baca Juga: ASEAN Para Games XI 2022: Pelari NPC NTT Sumbang 2 Medali Emas Untuk Indonesia

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagu Cinta Rizki Febian, Lirik Lagu Hingga Tua Bersama

Rabu, 28 September 2022 | 14:43 WIB

710 Lulusan UKAW Kupang akan Diwisuda Besok

Jumat, 23 September 2022 | 17:11 WIB
X