DWP Kemenag Wilayah NTT Gelar Tes IVA dan Sadanis Gratis

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:05 WIB
Proses pendataan dan tensi darah untuk tes IVA dan sadanis gratis dari DWP Kemenag NTT. (victorynews.id/putra bali mula)
Proses pendataan dan tensi darah untuk tes IVA dan sadanis gratis dari DWP Kemenag NTT. (victorynews.id/putra bali mula)

KUPANG, VICTORYNEWS-Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama (DWP Kemenag) Wilayah NTT menyelenggarakan tea IVA dan Sadanis gratis untuk deteksi dini kanker serviks dan payudara.

Tes VA dan Sadanis gratis tersebut sebagai bagian dari program DWP Kemenag RI ybekerja sama dengan Kementerian Kesehatan menyongsong HUT RI ke-77.

Semua provinsi mengikuti program ini dengan target 150 peserta setiap provinsi. Sementara di di NTT secara keseluruhan terdata pendaftar secara online mencapai 1.000 lebih perempuan.

Sedangkan 97 peserta terdaftar di Kanwil Kemenag NTT untuk jalani pemeriksaan pada Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: SADIS! Siswa SD Ditikam Pamannya di Depan Guru dan Teman-temannya

"Mencapai 1200-an dan untuk data yang benar-benar diperiksa akan di-update lagi hari ini," ungkap Ketua DPW Kemenag NTT, Rodriguez Theresia Bety Serang.

Turut terlibat dalam kegiatan pemeriksaan IVA dan Sadanis gratis tersebut, yakni Puskesmas Bakunase dan Puskesmas Oepoi.

Tes IVA dan Sadanis gratis ini diawali cek gula darah, tensi, cek riwayat sakit kemudian diarahkan ke bilik pemeriksaan IVA dan Sadanis. Ada dua bilik khusus yang disediakan di lantai tiga Kanwil Kemenag NTT.

Apabila diketahui positif mengidap penyakit tersebut maka akan diarahkan pula ke fasilitas kesehatan terkait.

Baca Juga: Gubernur NTT: Turnamen AA Bere Tallo Memorial Cup I 2022 bentuk 'The Denial Of Death'

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagu Cinta Rizki Febian, Lirik Lagu Hingga Tua Bersama

Rabu, 28 September 2022 | 14:43 WIB

710 Lulusan UKAW Kupang akan Diwisuda Besok

Jumat, 23 September 2022 | 17:11 WIB
X