Anda Kenal Patung Perunggu dari Sumba Barat? Ini Cara Membuat dan Kegunaannya!

- Kamis, 22 September 2022 | 21:35 WIB
Para narasumber memaparkan materinya trnyang seluk beluk dan manfaat Patung Perunggu dari Kabupaten Sumba Barat.  (victorynews.id/Sinta Tapobali)
Para narasumber memaparkan materinya trnyang seluk beluk dan manfaat Patung Perunggu dari Kabupaten Sumba Barat. (victorynews.id/Sinta Tapobali)

KUPANG, VICTORYNEWS - UPTD Museum NTT menggelar seminar kajian patung perunggu dari Kabupaten Sumba Barat, Kamis (22/9/2022).

Patung perunggu dari Kabupaten Sumba Barat ini perlu dikaji soal tata nilai dan peradabannya untuk dijadikan informasi yang jelas dan sistematis terkait keberadaan dan aspek historis dan budaya dari patung ini.

Rosalia Ida narasumber pertama dalam seminar ini menjelaskan bahwa patung perunggu dari Sumba Barat ini merupakan salah satu benda koleksi di Museum yang tercatat sebagai koleksi sitaan sejak tahun 2017.

Baca Juga: Atasi Stunting, LPM Kelurahan Namosain Kupang Sumbang Rp2 ribu per KK Setiap Bulan

Menurutnya, sejak tahun 2019 tim yang ditunjuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan penelusuran awal dan menemukan bahwa patung ini berasal dari Sumba Barat.

Menurut Rosalia, orang Sumba tergolong masyarakat yang taat akan adat dan budaya dan tidak sekalipun melupakan adat dalam setiap ritual yang mereka lakukan.

Ia menjelaskannya bahwa orang Sumba tidak mengenal cara pembuatan patung perunggu. Namun patung ini telah dikenal dan beredar di Pulau Sumba dan dianggap benda sakral oleh orang Sumba.

Baca Juga: Calon Ketua BPP Hipmi Kota Kupang Itu Monaco-nya Indonesia

Bukan hanya dianggap sakral, namun patung ini juga disimpan di tempat yang dianggap suci dan dikeluarkan setahun sekali untuk disucikan.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Balita Stunting Bisa Dilacak lewat Aplikasi e-PPGBM

Senin, 3 Oktober 2022 | 21:01 WIB

Lepas 884 Calon Wisudawan, Unwira Gelar Misa Syukur

Jumat, 30 September 2022 | 09:45 WIB

Lagu Cinta Rizki Febian, Lirik Lagu Hingga Tua Bersama

Rabu, 28 September 2022 | 14:43 WIB
X