BKKBN NTT Latih Puluhan Nakes di Sumba Barat, Ini Tujuannya!

- Selasa, 27 September 2022 | 14:49 WIB
Pelatihan bagi nakes di Kabupaten Sumba Barat oleh BKKBN Provinsi NTT, Selasa (27/9/2022) (Dok. BKKBN)
Pelatihan bagi nakes di Kabupaten Sumba Barat oleh BKKBN Provinsi NTT, Selasa (27/9/2022) (Dok. BKKBN)

KUPANG, VICTORYNEWS-Dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di NTT, BKKBN Provinsi NTT gelar pelatihan bagi puluhan tenaga kesehatan di Kabupaten Sumba Barat, Selasa (27/9/2022).

Sumba Barat dipilih sebagai lokasi pelatihan dan orientasi oleh BKKBN NTT karena merupakan salah satu dari 15 kabupaten di NTT yang masuk kategori merah jumlah stunting yang cukup tinggi.

Sub Koordinator Kesehatan Reproduksi BKKBN Provinsi NTT Filma M M Ndiwa mengatakan berdasarkan data SSGI 2021, NTT masih memiliki 15 kabupaten kategori “merah” dengan prevalensi di atas 46 persen.

15 kabupaten tersebut diantaranya  Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Alor, Sumba Barat Daya, Manggarai Timur, Kabupaten Kupang, Rote Ndao, Belu, Manggarai Barat, Sumba Barat, Sumba Tengah, Sabu Raijua, Manggarai, Lembata dan Malaka.

Atas dasar itu, BKKBN NTT melaksanakan kegiatan Orientasi Pelaksanaan Kapasitas Pelayanan KB bagi Tenaga Kesehatan di Faskes, Jejaringan dan Jejaring bertempat di hotel Ronita Sumba Barat.

Baca Juga: Atasi Stunting, LPM Kelurahan Namosain Kupang Sumbang Rp2 ribu per KK Setiap Bulan

Katarina Dade, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Sumba Barat mengatakan program KB sebagai salah satu solusi mencegah stunting tidak bisa berhasil jika bidan bekerja sendiri.

Perlu kerjasama antara semua pihak termasuk dengan BKKBN Provinsi NTT.

"NTT digemparkan dengan masalah stunting. Kami harap agar para bidan betul – betul memberikan motivasi dan edukasi yang benar kepada para ibu hamil, ibu menyusui maupun remaja putri yang nantinya akan menjadi ibu agar memperhatikan kesehatan dengan rajin berkonsultasi ke mama – mama bidan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inspirasi Pagi: Kreatif Menyelesaikan Masalah

Rabu, 30 November 2022 | 07:35 WIB

Ini Sejarah dan Makna Tari Cerana yang Perlu Diketahui

Selasa, 29 November 2022 | 16:27 WIB

Sembilan Cara Mengajar Anak agar Selalu Hidup Sehat

Selasa, 29 November 2022 | 11:49 WIB

Inspirasi Pagi : Cara Menghadapi Masalah

Senin, 28 November 2022 | 06:59 WIB

Inspirasi Pagi: Belajar dari Kisah Katak dan Air Panas

Minggu, 27 November 2022 | 07:13 WIB
X