BAHAYA! Jangan Minum Antibiotik Sembarangan, Nyawa Taruhannya!

- Selasa, 22 November 2022 | 08:11 WIB
Ilustrasi obat antibiotik.(Dok/health.grid.id)
Ilustrasi obat antibiotik.(Dok/health.grid.id)

KUPANG, VICTORYNEWS-Perilaku masyarakat yang mengonsumsi obat antibiotik sembarangan ternyata bisa berakibat fatal hingga mengancam nyawa.

Ketua PC IAI Kupang apt. Ridho Prayogie menjelaskan mengonsumsi obat antibiotik sembarangan bisa menimbilkan resistensi antimikroba.

Menurut Ridho, jika tidak bijak, maka mengonsumsi obat antibiotik tanpa resep dokter atau berlebihan sangat berbahaya dan yang paling fatal bisa mengakibatkan kematian.

Ridho menjelaskan resistensi antimikroba terjadi ketika bakteri, virus, jamur dan parasit menjadi kebal atau tidak mempan lagi dengan obat antimikroba.

Baca Juga: PANIK! Detik-Detik Atta Halilintar Sekeluarga Terjebak di Lantai 66 saat Gempa Cianjur!

Menurut Ridho, resistensi ini menyebabkan infeksi lebih sulit untuk diobati, bertambah parah, meningkatkan resiko penyebaran hingga menyebabkan kematian.

Hal ini telah disadari sebagai ancaman terbesar kesehatan dunia pada abad ini karena memberikan dampak buruk bagi kesehatan, kualitas hidup serta ekonomi masyarakat.

Penandatanganan Komitmen Bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kepala Balai POM di Kupang soal gerakan bersama cegah resistensi antimikroba. (Dok. IAI Cab Kupang)

Hal ini disampaikan Ridho saat melakukan kampanye cegah resistensi antimikroba bersama Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kota Kupang, Kabupaten Kupang dan Sabu Raijua serta IAI Daerah Nusa Tenggara Timur yang melibatkan seluruh Himpunan Seminat serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kupang Sabtu lalu di Kawasan Car Free Day (CFD).

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inspirasi Pagi: Arahkan Pandangan Hanya pada Hal Baik

Senin, 5 Desember 2022 | 04:00 WIB

Inspirasi Pagi : Masalah Bukan Beban tetapi Solusi

Minggu, 4 Desember 2022 | 07:59 WIB

GRATIS! Pusat Layanan Autis Kupang Terapi 57 Pasien

Jumat, 2 Desember 2022 | 17:20 WIB

Inspirasi Pagi : Korban Emosi

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:30 WIB
X