Ayo Kenali Resistensi Antimikroba, Penyebab dan Cara Cegahnya

- Kamis, 24 November 2022 | 15:26 WIB
Ilustrasi obat antibiotik. Kenali lebih jauh soal penggunaan obat antiobiotik yang bijak untuk mencegah resistensi antimikroba.
Ilustrasi obat antibiotik. Kenali lebih jauh soal penggunaan obat antiobiotik yang bijak untuk mencegah resistensi antimikroba.

KUPANG, VICTORYNEWS-World Health Organization (WHO) menetapkan tanggal 18 – 24 November sebagai Pekan Peduli Antimikroba Sedunia.

Pekan Peduli Antibiotik Sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian akan resistensi antimikroba.

Istilah antimikroba lebih dipilih daripada antibiotik untuk merepresentasikan cakupan obat yang lebih luas.

Meski setiap tahun Pekan Peduli Antimikroba Sedunia dilaksanakan namun belum semua masyarakat paham soal resistensi antimikroba.

Baca Juga: SALUT!!! NTT Dapat Penghargaan Sebagai Provinsi Paling Toleran di Indonesia

Kepada victorynews.id., Kamis (24/11/2022) Apt. Antonia Ari Susanti yang saat ini bekerja di RSUD Prof. DR. W.Z Johannes Kupang menjelaskan dengan detail terkait hal ini.

Ia menjelaskan mikroba adalah makhluk hidup terkecil di bumi sehingga hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop. Mikroba terdiri dari tiga jenis yakni bakteri (contoh; Tuberkulosis, Thypus, Peneumonia), virus (contoh; influenza, HIV, Covid-19),dan jamu (contoh;  panu, kutu air).

Edukasi tentang Resistensi Antimikroba dalam rangka Pekan Peduli Antimikroba Sedunia yang dilaksanakan IAI Cabang Kupang dan Sabu Raijua di SMAN 6 Kupang. (Dok. IAI Cabang Kupang)

Mikroba penyebab infeksi dapat menular pada  manusia melalui makanan yang kita makan, air yang kita minum dan untuk mandi, benda yang kita  sentuh dan bersin.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PECINTA DRAKOR! Ini Lima Film Korea Tema Natal

Kamis, 8 Desember 2022 | 10:05 WIB

Inspirasi Pagi: Kisah Dr Chang dan Segelas Susu

Rabu, 7 Desember 2022 | 04:05 WIB

Inspirasi Pagi: Arahkan Pandangan Hanya pada Hal Baik

Senin, 5 Desember 2022 | 04:00 WIB

Inspirasi Pagi : Masalah Bukan Beban tetapi Solusi

Minggu, 4 Desember 2022 | 07:59 WIB
X