Cegah Stunting, Puskesmas Alak Tingkatkan Pelayanan ANC dan Edukasi Ibu Hamil

- Jumat, 9 Desember 2022 | 03:40 WIB
Kepala Puskesmas Alak dr Panondang Panjaitan memberikan penjelasan tentang pelayanan ANC untuk pencegahan stunting. (victorynews.id/Stef Kosat)
Kepala Puskesmas Alak dr Panondang Panjaitan memberikan penjelasan tentang pelayanan ANC untuk pencegahan stunting. (victorynews.id/Stef Kosat)

KUPANG, VICTORYNEWS - Kepala Puskesmas Alak dr Panondang Panjaitan menyampaikan, untuk pencegahan stunting di wilayah Puskesmas Alak, dititikberatkan pada pola asuh.

Sehingga Puskesmas Alak juga sudah menggalakkan peningkatan pelayanan ANC (Antenatal Care) dimana para ibu hamil mendapat tablet tambah darah selama 90 hari dan terus memantau status gizi para ibu hamil.

Selain itu, Puskesmas Alak juga sudah memberikan makanan tambahan (PMT) bagi ibu hamil yang kurang energi kalori, sehingga bayi yang dilahirkan sang ibu hamil itu dapat berkembang secara optimal.

Baca Juga: Atasi Stunting di Kota Kupang, Pemkot Berkolaborasi dengan PT Moderen Jaya Farma

Tandas Kepala Puskesmas Alak dr Panondang usai penyerahan PMT oleh Direktur PT Moderen Jaya Farma, Diky A Sianto di Puskesmas Alak, Kamis (8/12/2022).

Pihaknya juga menganjurkan para ibu untuk memberi ASI eksklusif selama 6 bulan.

"Artinya bayi 0 bulan itu harus mendapat ASI selama 6 bulan tanpa air putih maupun makanan apapun. Sebab gizi dari ASI yang diberikan ibu sudah memenuhi semua kebutuhan bayi," jelas dr Panondang.

Baca Juga: Begini Tuduhan Ferdy Sambo ke Brigadir J

Kemudian setelah bayi berusia 6 bulan sampai 2 tahun, pihaknya juga memberikan edukasi cara memberikan makanan pendamping ASI.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Victory News Media ke-11, Ini Harapan Polda NTT

Kamis, 2 Februari 2023 | 21:30 WIB
X