Mata Anda Bintitan? Tak Perlu Khawatir, Ini Penjelasan dan Cara Mengobatinya!

- Jumat, 9 Desember 2022 | 17:32 WIB
Dokter spesialis mata Rio Rhendy menjelaskan penyebab dan cara mengobati bintitan di area kelopak mata.  (youtube CNN Indonesia)
Dokter spesialis mata Rio Rhendy menjelaskan penyebab dan cara mengobati bintitan di area kelopak mata. (youtube CNN Indonesia)

JAKARTA, VICTORYNEWS-Bintitan merupakan salah satu gangguan kesehatan mata yang dapat membuat rasa tidak nyaman pada pengidapnya.

Penyakit ini biasanya ditandai munculnya benjolan yang menyerupai bisul atau jerawat pada kelopak mata. Namun bagi pengidap penyakit ini tidak perlu khawatir, penyakit ini dapat diobati dengan cara sederhana.

Dilansir victorynews.id dalam tayangan youtube CNN Indonesia, Jumat (9/12/2022), Dokter Spesialis Mata Rio Rhendy menjelaskan penyakit bintitan ini disebabkan akibat saluran yang tersumbat.

Baca Juga: Polemik Pemberhentian Ketua DPRD Kabupaten Alor Enny Anggrek, Gubernur NTT : Nanti Kita Urus

Sehingga secara otomatis flora-flora normal atau kuman-kuman yang memang ada di kelopak mata dapat berkembang biak.

Hal ini terjadi karena banyak makanan tersumbat di area tersebut akibatnya pasien akan mengalami peradangan dan infeksi.

"Benjolan ini timbul akibat adanya penumpukan sel-sel mati yang sudah banyak ketika masih di awal mulai proses infeksi," ujar Dokter Rio Rhendy.

Namun kata Dokter Rio Rhendy, sebelum benjolan itu muncul biasanya pasien sudah mulai merasakan adanya nyeri atau pegal ketika posisi menunduk atau sujud.

Baca Juga: Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat Serahkan DIPA 2023 Sebesar Rp 34,65 Triliun

"Pasien akan merasakan adanya pegal di kelopak matanya, jadi memang belum begitu terlihat cuma kalau dirasakan agak pegel-pegal ditekan agak nyeri-nyeri sedikit," ungkap Dokter Spesialis Mata ini.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Victory News Media ke-11, Ini Harapan Polda NTT

Kamis, 2 Februari 2023 | 21:30 WIB
X