Dikenal Pulau Terbesar Ketiga di Dunia, Ini Suku-suku Terbesar yang Mendiami Pulau Kalimantan

- Rabu, 25 Januari 2023 | 11:57 WIB
Warga Kalimantan tampil dalam festival budaya. Ada suku-suku terbesar yang menyebar di Pulau Kalimantan dan mendiami pulau terbesar ketiga di Dunia tersebut.  (Youtube Munkar)
Warga Kalimantan tampil dalam festival budaya. Ada suku-suku terbesar yang menyebar di Pulau Kalimantan dan mendiami pulau terbesar ketiga di Dunia tersebut. (Youtube Munkar)

PONTIANAK, VICTORYNEWS-Pulau Kalimantan dikenal sebagai pulau terbesar ketiga di Dunia, pulau ini didiami banyak suku dan ada suku-suku terbesar yang menyebar di seanteri Pulau Kalimantan.

Pulau Borneo memiliki luas 743.330 km dan merupakan pulau yang banyak sekali sungainya sekaligus memiliki hutan yang sangat luas. Ada suku-suku terbesar menjadi suku asli Kalimantan dan mendiami wilayah itu.

Dilansir victorynews.id lewat chanel youtube munkar, Rabu (25/1/2023), berikut ini suku-suku terbesar yang mendiami Pulau Kalimantan yang merupakan Pulau terbesat ketiga di dunia tersebut:

Baca Juga: Ini Isi Curhat Ferdy Sambo: Selama Ditahan Kehilangan Kemerdekaan  

1. Suku Banjar.

Suku Banjar merupakan suku terbesar pertama yang mendiami Pulau Kalimantan dengan populasi mencapai empat juta jiwa.

Sedangkan total suku Banjar di Indonesia jumlahnya 4,8 juta jiwa.

Suku Banjar yang mendiami Kalimantan Selatan mencapai tiga juta, sedangkan di Kalimantan Tengah 600.000, Kalimantan Timur 500.000, Kalimantan Utara dan Barat mencapai 50.000 jiwa.

Sedangkan Suku Banjar yang mendiami Pulau lain di Indonesia mencapai 700.000 jiwa. Tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi dan lainnya. 


Sementara 1 juta jiwa suku Banjar tersebar di berbagai negara antara lain Malaysia, Singapura, Arab Saudi dan lainnya.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X