India Walkout dari Forum Parlemen Dunia

berbagi di:
Parlemen dunia menggelar pertemuan di Bali untuk membahas isu kekerasan dan konflik serta merumuskan kebijakan tentang tujuan pembangunan 2030. Foto: MTVN/Raiza Andini

 

 

 

India walkout dari Forum Parlemen Dunia. Diduga keputusan angkat kaki yang diambil delegasi India ini karena tak sepakat dengan seluruh parlemen yang bersikap mengecam Myanmar di konflik Rakhine State.

Wakil Ketua Umum DPR RI Fadli Zon mengaku tidak tahu pasti alasan India walkout dan menyatakan tak ikut membubuhkan tanda tangan di Bali Declaration 2017.  Sebab sejumlah Bali Declaration 2017 ini meminta semua parlemen berkontribusi dalam pemulihan stabilitas keamanan di Myanmar.

“Poin-poin yang lain tidak masalah hanya masalah Rohingya yang keberatan. Alasannya saya tidak tahu sih,” terang Fadli Zon usai membacakan Bali Declaration 2017 di BNDCC, Nusa Dua, Kamis 7 September 2017.

Beberapa negara memiliki perspektif lain terkait Rohingya seperti India. Mereka menginginkan bahwa dalam forum ini tidak hanya fokus terhadap Myanmar tetapi juga menaruh perhatian kepada etnis lain serta konflik di negara lainnya.

“Mungkin juga karena masalah pengungsi dan etnisitasnya, perspektif atau kebijakan sebuah negara harus kita hargai,” katanya.

Dalam pembuatan draft kesepakatan Bali Declaration 2017 terdapat beberapa negara yang menolak adanya pembahasan Rohingya. Sebab, fokus utama dalam forum ini adalah pembangunan berkelanjutan 2030.

“Mulanya ada beberapa negara di regional mereka memiliki konflik yang terjadi mereka ingin memasukan dalam draft. Jadi ini bagian dari dinamika sebuah forum adala forum parlemen pasti mereka punya pendapat masing-masing untuk mencapai konsensus meski sudah ada note itu kita hargai,” tutupnya.

 

 

Sumber: metrotvnews.com