Jacki Uly dan Ray Fernandes Sepakat Bertarung Elegan

berbagi di:
Jacky Ully

Gusty Amsikan

 

 

 

 

Bakal calon Gubernur NTT Jacki Uly (NasDem) dan balon gubernur Raymundus Sau Fernandes (PDIP) bersepakat untuk bertarung secara santun, dan elegan, jika keduanya diusung koalisi parpol masing-masing untuk maju bertarung dalam Pilgub NTT tahun depan.
Seluruh proses atau tahapan dalam kontestasi Pilgub secara tidak langsung merupakan pendidikan politik bagi masyarakat. Sebagai calon akan menempuh cara-cara elegan dan demokratis agar menang secara terhormat dan jika kalah pun secara terhormat.
Jacki Uly yang adalah Ketua DPW NasDem NTT, dan Ray Fernandes yang adalah Bupati TTU, mengatakan itu pada acara pelantikan pengurus DPD dan DPC Partai Nasdem TTU di Hotel Livero-Kefamenanu, Kamis (3/8).
Pada kesempatan yang sama, dilantik pula pengurus DPD Garnita Malahayati, dan DPC Petani NasDem TTU.
Jacki Uly mengatakan, dirinya ditunjuk DPP NasDem untuk maju sebagai Cagub NTT, dan langkah yang ditempuhnya akan sangat berat. Namun, dirinya siap untuk bertarung secara elegan.
Mantan Kapolda NTT itu mengatakan akan menjunjung tinggi kehormatan dalam seluruh proses Pilgub NTT dengan menempuh cara-cara yang santun, elegan dan demokratis. Sebab, hal itu akan memberikan pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat. Siapa pun calon gubernur yang menang, haruslah menang secara terhormat dan yang kalah pun kalah terhormat pula.
Ditegaskannya bahwa politik identitas seperti suku, agama, ras dan antargolongan tidak perlu dibawa dalam pertarungan di arena Pilgub tahun depan.
“Untuk Pilgub mendatang kita tidak perlu bicara agama, tidak perlu bicara suku dan identitas lain. Semua perjuangan harus berlandaskan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Semua itu harus dilakukan agar mencapai garis finish secara terhormat,” tandasnya.
Sementara itu, Ray yang juga adalah Ketua DPD PDIP TTU itu, menyatakan, pihaknya menghormati keputusan Partai NasDem yang menetapkan Jacki Uly sebagai calon Gubernur NTT. Ray mengatakan, ia pun sedang berproses di PDIP sebagai balon Gubernur.
“Kompetisi di Pilgub nantinya diharapkan berjalan elegan dan demokratis,” ujarnya.
Dikatakannya bahwa Partai NasDem pun dapat memperoleh kemenangan di Kabupaten TTU jika mendapat dukungan dari masyarakat. Seluruh proses dalam kontestasi Pilgub NTT, kata dia, diharapkan berlangsung fair tanpa perlu sikut-menyikut. Isu-isu yang memecah-belah persatuan tidak boleh dihembuskan demi mencapai kemenangan dalam Pilgub.

Peluang Koalisi
Sementara itu, Ketua DPP Partai NasDem Victor Bungtilu Laiskodat mengatakan, Partai NasDem telah mempersiapkan calon gubernur untuk menghadapi Pilgub tahun depan. NasDem pun telah menyiapkan kader-kader yang handal di daerah untuk memperkuat Partai Nasdem di Pusat.
Dikatakannya, ratusan kader NasDem yang sudah dipersiapkan akan masuk ke seluruh pelosok untuk mengibarkan bendera partai di setiap desa maupun di kampung-kampung.
Terkait peluang koalisi dalam Pilgub NTT mendatang, Laiskodat menegaskan bahwa NasDem terbuka dengan partai lainnya untuk berkoalisi, khususnya parpol dengan tujuan dan komitmen yang sejalan dengan NasDem.
“Peluang koalisi NasDem bisa saja dengan PDIP, PKB, Golkar, dan Hanura. Untuk partai lain sepertinya tertutup,” ucapnya.
Dia menginstruksikan seluruh pengurus, kader dan simpatisan NasDem di Kabupaten TTU agar bekerja sama memenangkan NasDem pada Pilgub NTT 2018. Melalui konsolidasi yang baik dan kerja secara serius dan cerdas, NasDem bisa merebut simpati masyarakat TTU.