Jalan Menuju Ratenggaro Sedang Dikerjakan

berbagi di:
img-201907292

Frengky Keban
Ruas jalan Desa Analewe menuju situs rumah adat Ratenggaro di desa Maliti Bondo Ate, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Nusa Tenggara Timur sedang diperbaiki.

Perbaikan jalan sejauh 2,1 kilometer (km) dengan titik start dari Desa Analewe menuju Desa Waikaninyo . Setelah selesai, perbaikan jalan akan dilanjutkan ke Desa Maliti Bondo Ate tahun depan.

“Iya benar sedang dikerjakan sekarang. Cuma belum sampai ke Ratenggaro,”kata Kepala Dinas PU dan Tata Ruang SBD, Samuel Boro kepada VN, Selasa (30/7) pagi.

Samuel mengatakan proses pengerjaan jalan dari anggaran DAK tersebut semulanya ditargetkan 3,8 km namun anggaran terbatas hanya bisa mengcover 2,2 km.

“Selama ini itu yang menyulitkan para wisatawan. Tentu kita berharap jalan ini nantinya bisa membantu kita semua yang ingin ke Ratenggaro, walaupun belum sepenuhnya sampai setidaknya kita sudah mencoba. Tahun depan bisa jadi akan dilanjutkan paling kurang 2 km untuk sampai ke jalan pantai itu,” katanya.

Warga desa Waikaninyo, Alfonsus E.R Peka menyambut baik usaha pemerintah tersebut.

“Saya pikir ini adalah kebutuhan yang sangat mendesak. Sudah sekian tahun jalan ini tidak lagi diperhatikan padahal di wilayah ini ada begitu banyak tempat wisata. Misalnya kami di Waikaninyo, kami punya situs rumah adat Panora Parobo dan tempat pasola yang selalu dilalui oleh para wisatawan musimnya. Sehingga kehadiran jalan ini selain berdampak pada Ratenggaro juga berdampak buat kami juga di desa tetangga,”katanya.

Ia berharap selain jalan pemerintah juga bisa memperhatikan fasilsitas pendukung lain seperti listrik dan air untuk kebutuhan wisatawan dan masyarakat di sekitar lokasi wisata. (bev/ol)