Jalan Poros Utara Terancam Putus

berbagi di:
ilustrasi jalan putus

ilustrasi jalan putus

 
Gerasimos Satria

Jalan poros utara di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur terancam putus total karena mengalami kerusakan berat, khususnya di Bok S dan wilayah Desa Golo Ketak, Kecamatan Boleng.

Kepala Desa Kombo Selatan,Kecamatan Pacar, Donatus Agun, Jumat (29/3) mengatakan jalan provinsi tersebut merupakan jalan yang menghubungkan Labuan Bajo dengan sejumlah kecamatan di wilayah utara Kabupaten Manggarai Barat seperti kecamatan Boleng, Pacar, Macang Pacar, Kuwus Barat dan Kecamatan Kuwus. Menurutnya, kondisi aspal di Bok S rusak parah. Kerusakan terjadi di beberapa titik dengan panjang kerusakan 10-50 meter per titik.

Angkutan umum yang melewati jalur tersebut terpaksa membawa dedak atau ampas padikasar untuk disiram pada titik-titik yang rusak berat agar dapat dilalui.

“Kerusakan tersebut diakibatkan gerusan air pada badan jalan. Tembok penahan jalan yang juga sudah jebol,” jelas Donatus.

Selain itu, salah satu deuker di Desa Golo Ketak juga jebol. Warga terpaksa membuat titian dari bambu agar dapat dilalui kendaraan roda dua dan memudahkan masyarakat melintas. Sementara kendaraan roda empat dan roda enam terpaksa harus melewati jalan darurat disamping deuker tersebut.

“Jika kerusakan dijalan Bok S dan deuker di Desa Golo Ketak tidak segera diperbaiki, cepat atau lambat jalan poros utama akan putus total,” jelas Donatus. (bev/ol)