Jembatan Termanu Rusak, Pemprov Tawarkan Warga Amfoang lewat Jalur Laut

berbagi di:
img-20210218-wa0023

 

Kondisi Jembatan Termanu yang nyaris roboh.

 

 

 
Yapi Manuleus

 

 
PEMERINTAH Provinsi NTT dalam hal ini Dinas Perhubungan Provinsi NTT menawarkan masyarakat Amfoang untuk sementara bisa memanfaatkan jalur laut untuk datang ke Kota Kupang pascarusaknya Jembatan Termanu.

Transportasi Laut dari Pelabuhan Bolok Kupang ke Naikliu Kabupaten Kupang, dan selanjutnya ke Teluk Gurita Kabupaten Belu pun resmi dibuka hari ini oleh Dinas Perhubungan Provinsi NTT akibat putusnya Jembatan Termanu yang berada di wilayah Amfoang tersebut. Rusaknya jembatan Termanu menghambat akses ke wilayah Amfoang.
Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT Isack Nuka saat dikonfirmasi VN, Kamis (18/7) sore.

Dia mengatakan, rusaknya Jembatan Termanu yang cukup parah sehingga tidak bisa dilalui kendaraan. Pemerintah Provinsi NTT melalui dinas Perhubungan Provinsi NTT mengambil langkah penanganan agar bisa adanya kelancaran arus lalu lintas dengan menawarkan melalui jalur laut yang resmi dibuka hari ini.

“Kita tawarkan melalui jalur laut, kebetulan kan kita ada lintasan menggunakan kapal Feri yaitu lintasan Kupang, Naikliu dan Teluk Gurita. Itu satu minggu dua kali setiap hari Kamis dan Minggu dan kita mulai hari ini jam 3,” Katanya.

Dia berharap masyarakat Amfoang dan sekitarnya dapat memanfaatkan Akses transportasi Laut sambil menunggu perbaikan Jembatan Termanu.
“Kita pakai Kapal Feri yaitu dari Pelabuhan Bolok langsung ke Naikliu, terus ke Teluk Gurita Kabupaten Belu. Dan balik lagi ke Naikliu habis itu baru ke Kupang,” tuturnya.
“Dari Kupang itu hari Kamis dan Minggu Jam 3 sore, tiba di Naikliu jam 9, bongkar habis langsung ke Teluk Gurita. Itu tibanya besok pagi. terus dia balik nanti tiba lagi di Kupang itu Sabtu pagi, itu armadanya satu saja,” sambungnya.

Harga tiket dari Bolok ke Naikliu Rp59.000/orang. Sedangkan dari Naikliu ke Bolok Rp54.000/orang. Serta untuk Sepeda Motor harga tiketnya Rp150.000 sudah termasuk pengendara. (Yan/ol)