Jenazah Pasien Probable Covid Dicuri dari TPU

berbagi di:
img-20210207-wa0014

Bupati Epy saat memantau di TPU Oebaki

 

 

 

Megi Fobia

Jenazah berinisial HUL yang berstatus probable Covid-19 hilang dicuri pihak tak bertanggung jawab dari TPU Oebaki Kabupaten TTS, Nusa Tenggara Timur.

HUL meninggal pada Senin,  1 Februari lalu puk 14.00 Wita dan dimakamkan sesuai protokol kesehatan di TPU Oebaki.

HUL merupakan ibu kandung anggota DPRD NTT Reny Marlina Un.

“Kita bongkar kubur untuk pastikan tapi kubur sudah kosong dan jenazah sudah dicuri  orang tak bertanggungjawab,” kata Bupati TTS Egusem Pieter Tahun kepada VN melalui pesan WhatsAppnya, Minggu (7/2) setelah kembali dari TPU Oebaki.

Bupati Epy mengaku, saat pihaknya tiba di TPU Oebaki, petugas menggali makam HUL dengan eksavator sedalam dua meter namun tidak menemukan apa-apa. Jasadnya hilang.

Epy mengatakan sebagai Ketua Gugus, ia akan meminta TNI dan Polri untuk menyelidiki keberadaan jasad HUL. Sebab, menurut Epy pencurian jasad tersebut sudah melanggar Undang-Undang Protokol Kesehatan di tengah pandemi Covid-19 sehingga harus diselidiki dan diproses hukum.

“Kami tidak tahu dan kami juga tidak mau menduga-duga siapa yang mencuri, nanti polisi yang akan selidiki untuk memastikan keberadaan jenasah tersebut,” kata Epy.

Sementara anggota DPRD NTT Reny Marlina Un yang dikonfirmasi VN melalui pesan WhatsAppnya malah mempertanyakan penagangan jenazah sang ibu oleh tim gugus tugas.

“Apakah dari tim Covid ada kuburkan secara baik atau mereka ada tutup jenazah orang tua kami tidak? Atau tim pergi kasi tinggal begitu saja?,” tulisnya.

Ia kembali menegaskan pihak Gugus Tugas Covid-19 TTS tidak berperikemanusiaan karena meninggalkan jenazah tanpa ditutup.

“Mereka tidak berpirkemanusiaan, jenazag tidak  ditutup pergi begitu saja. Tim Covid bikin kami tidak berwibawa,” ujarnya merespon VN ketika ditanya soal jenazah yang hilang.

Ketika disinggung soal proses hukum yang ditempuh Bupati TTS Epy Tahun selaku Ketua Tim Gugus Tugas TTS, Reny enggan berkomentar. (bev/ol)