Mentri Jonan Resmikan PLTMG MPP

berbagi di:
img-20190411-wa0026

Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Wakil Gubernur NTT Yosef Nae Soi, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula, Wakil Bupati Manggarai,Viktor Madur dan Wakil Bupati Manggarai Timur Stefanus Jaghur saat peresmian proyek kelistrikan di wilayah NTT di Labuan Bajo. Foto: Gerasimos Satria/VN

 

Gerasimos Satria

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia Ignasius Jonan meresmikan proyek Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Mobile Power Plant (MPP) Flores 20 Mega Watt (MW) ,Kamis (11/4) di Rangko Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Turut hadir dalam peresmian itu Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Yosef Nae Soi, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula, Wakil Bupati Manggarai Viktor Madur dan Wakil Bupati Manggarai Timur Stefanus Jaghur.

Ignas Jonan dalam sambutanya menyampaikan PLTMG MPP Flores yang berlokasi di Rangko Kabupaten Manggarai Barat telah beroperasi sejak delapan bulan lalu. Melalui peresmian ini PT. PLN akan melaksanakan bantuan sambungan listrik ke 11.000 rumah yang dibutuhkan di seluruh wilayah NTT.

Ia mengapresiasi PT. PLN yang telah berhasil membangun Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV Labuan Bajo menuju Ruteng, Kabupaten Manggarai, Gardu Induk Labuan Bajo 70 KV Labuan Bajo,SUTT 70 KV Ruteng-Ulumbu. SUTT ini akan dipasang dari Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat hingga Larantuka Kabupaten Flores Timur.

Mentri Jonan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT yang mendukung eksplorasi panas bumi di NTT  di Pulau Flores, NTT tepatnya di Mataloko, Kabupaten Ngada dan Ulumbu, Kabupaten Manggarai.

Ia berharap dengan tuntasnya proyek kelistrikan di NTT, maka penggunaan bahan bakar fosil berkurang.

Sementara Wakil Gubernur NTT Yosef Nae Soi mengatakan perhatian Kementerian ESDM dan PT. PLN untuk wilayah NTT beberapa tahun terakhir cukup besar.

Ia mendorong masyarakat NTT untuk menjaga dan memelihara dengan baik listrik yang ada di NTT. Kehadiran jaringan listrik di NTT juga mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di NTT.

Wagub Yosef mebgatakan NTT masih berharap perhatian Kementrian ESDM agar seluruh masyarakat desa di NTT bisa menikmati listrik dan penerangan jalan pun terpenuhi. (bev/ol)