Kajari TTU Segera Ekspose Kasus Dugaan Penyimpangan Pengangkatan PTT

berbagi di:

 

 

 

 

Gusty Amsikan

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), menyebut pihaknya saat ini tengah melakukan kajian terhadap materi pengumpulan bahan serta keterangan dari para saksi dalam kasus adanya dugaan penyimpangan dalam pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT),Guru pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten TTU tahun 2018-2019.

Hal ini disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten TTU, Bambang Sunardi, ketika diwawancara VN, Senin (29/6), di Kefamenanu.

Bambang mengatakan, penyelidikan tentang adanya dugaan penyimpangan dalam pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT),Guru pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten TTU tahun 2018-2019, saat ini dalam tahap pengumpulan bahan dan keterangan dan sedang dikaji oleh jaksa penyelidik di Kejaksaan Negeri Kabupaten TTU.

Menurut Bambang, jadwal pemeriksaan terhadap para kepala sekolah SD dan SMP yang menjalani pemeriksaan dari tim jaksa merupakan kepala sekolah yang menerbitkan rekomendasi kepada calon PTT tahun 2018-2019, yang dibuktikan dengan SK kepala sekolah terkait serta jumlah jam mengajar.

Pemeriksaan telah dilakukan secara menyeluruh kepada kepala sekolah tempat para PTT mengabdi. Pasalnya, para kepala sekolah tersebut yang menerbitkan rekomendasi kepada calon PTT tahun 2018-2019, yang dibuktikan dengan SK kepala sekolah serta jumlah jam mengajar.

“Saat ini tim dari Kejaksaan sedang mengkaji bahan dan keterangan serta bukti-bukti yang ada. Selanjutnya tim akan segera putuskan kejelasan status hukum kasus ini,” pungkasnya.

Ia menambahkan, usai melakukan kajian, tim akan segera mengekspos dugaan kasus tersebut guna memastikan status hukum kasus tersebut.

Untuk diketahui, dalam kasus adanya dugaan penyimpangan dalam pengangkatan PTT, Guru pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten TTU tahun 2018-2019, selain pemeriksaan terhadap para kepala sekolah SD dan SMP, tempat para PTT ditempatkan, pemeriksaan rutin dilakukan kepada Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten TTU, Fransiskus Tilis, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten TTU, Bonefasius Ola Kian, Kabag hukum Setda TTU, L. Tri Budi Setyo, Kepala Badan Keuangan dan Plt. Dinas PKO, Yosef Mokos.

Tak hanya itu, tim dari Kejaksaan pun melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah Pimpinan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten TTU, Periode 2014-2019, diantaranya mantan ketua DPRD TTU, Hendrikus Frengky Saunoah, Wakil ketua Amandus Nahas, Yasintus Lapenaif serta mantan wakil ketua Periode 2014-2019, Yoseph Nube. (bev/ol)