Kantor Camat Kupang Barat Tak Terawat

berbagi di:

 

 

Alfret Otu

Kantor Camat Kupang Barat, Nusa Tenggara Timur dibangun sejak 1973. Usianya sudag 46 tahun namun tidak pernah direnovasi.

Pantauan VN saat kunjungan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe belum lama ini, tampak plafon di beberapa ruangan kantor itu berlubang bahkan hampir rubuh. Pintu-pintu lapuk termakan usia dan lantai keramik berlubang tak beraturan.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengakui keberadaan Kantor Camat Kupang Barat sudah sangat tua namun tidak pernah diperbaiki. Dirinya akan memasukkan kantor camat tersebut dalam rencana pembangun bersama berapa kantor camat dalam waktu secepatnya.

Menurut Manafe, kantor Camat Kupang Barat adalah salah satu kantor camat yang letaknya sangat strategis karena langsung berbatasan dengan kota. Selain itu juga terdapat dua objek wisata yakni air terjun Oenesu dan Pantai Tablolong. Apalagi Kupang Barat dekat dengan kawasan industri dan kawasan perumahan.

“Kita akan akan bangun namun sebelumnya saya akan tanyakan kepada Dinas Pelayanan Terpadu Kabupaten Kupang mengenai retribusi atau pemasukan tarif dari Kecamatan Kupang Barat di Kabupaten Kupang,” ucapnya.

Dia mengatakan, apabila tidak ada pendapatan anggaran atau retribusi kepada daerah dari kecamatan ini berarti Kecamatan Kupang Barat ini kurang manajemen dan mampu memanfaatkan semua potensi yang ada.

Manafe membandingkan antara kantor lurah dengan kantor camat, masih lebih bagus kantor lurah.

“Kantor camat ini sangat memprihatinkan, mulai dari plafon, tembok, dan pintu tinggal di korek pakai tangan saja sudah rubuh. Lantainya juga sangat tidak pantas untuk digunakan. Ini sudah seperti kandang dan sudah tidak layak lagi,” katanya.

Manafe mengatakan, dalam pembahasan anggaran induk, pihaknya akan dorong untuk perbaiki beberapa kantor camat termasuk berapa kantor camat seperti di Amfoang, Fatule’u dan Amarasi.

“Kita akan perbaiki walaupun tidak harus semua dibangun dalam jangka waktu bersamaan namun akan dibangun bertahap,” ucapnya.

Selain itu tambah Manafe, fasilitas seperti kendaraan bagi camat juga akan diberikan walaupun tidak harus yang baru, namun sebelumnya juga harus dilihat pada retribusi pendapatan anggaran daerah yang diberikan kecamatan kepada kabupaten.

Sementara Camat Kupang Barat Yusak Ulin mengatakan walaupun Kantor Camat Kupang Barat merupakan salah satu kantor camat yang berbatasan langsung dengan Kota Kupang namun sayang keberadaannya sangat memprihatinkan.

Ia mengakui kantor camat tersebut sudah diperiksa bahkan sudah di dokumentasi oleh beberapa anggota DPRD Kabupaten Kupang kemudian mereka berjanji bahwa mereka akan memperjuangkan dan akan memperbaiki namun hingga kini tidak pernah perbaiki.(mg-07/S-1).