Kapal Listrik Pekerjakan 50 Pekerja Lokal

berbagi di:
Salah satu pekerja sedang memantau aktivitas di dalam kapal listrik.

Yawan Ati

 
Kapal listrik milik PT KAR Powership asal Negara Turki yang didatangkan untuk menyuplai daya listrik ke NTT khususnya Pulau Timor ikut memberdayakan masyarakat lokal dengan mempekerjakan 50 tenaga kerja asli putra-putri NTT.
Director of Asia Region PT KAR Powership, Mahmed Ufuk Berk dalam jumpa pers diatas kapal listrik tersebut, Senin (29/5) mengatakan pihaknya tidak hanya menjalankan bisnis namun juga memberdayakan masyarakat sekitar.

Hal tersebut dibuktikan dengan mempekerjakan 50 tenaga kerja dari NTT. Dari 50 tenaga kerja tersebut, 20 bekerja sebagai security dan 30 lainnya bekerja di bagian operasional.  Bahkan 50 persen crew kapal merupakan tenaga kerja dari Indonesia.

Gusti, salah seorang pekerja lokal asal Kota Kupang mengaku senang bisa diterima bekerja di perusahaan berskala dunia tersebut.

Ia merupakan lulusan Program Studi Tekni Listrik FKIP Undana Kupang.

“Meski sekolah untuk menjadi guru namun dasar ilmu membantu saya untuk bisa kerja, makanya saya diterima,” katanya.

Menurutnya, ia bersama beberapa teman bertugas sebagai operator untuk menyuplai tenaga listrik ke titik-titik pemakai sesuai dengan kebutuhan daya. Pihak perusaan pun, lanjut Gusti, juga sangat menjamin kesejahteraan karyawan.

Sementara beberapa pekerja lain mengaku mendapatkan pengalaman baru dengan kesempatan kerja yang diberikan.

Pantaun VN, kapal dengan ukuran besar tersebut dilengkapi dengan peralatan canggih. Bahkan sistem pengelolahan limbah pun telah diatur sehingga tidak berdampak buruk bagi lingkungan. Sistem keselamatan kerja karyawan juga sangat diperhatikan di lokasi kerja ini.