Kapolres Pimpin Sertijab Kabag Sumda dan Kabag Ren

berbagi di:
Kapolres Sumba Timur Victor MT Silalahi memimpin pengambilan sumpah jabatan Kabag Sumda AKP I Nyoman Sutawan dan Kabag Ren AKP Gregorius RomeaKabag di lapangan upacara Polres Sumba Timur, Selasa (28/8).

Kapolres Sumba Timur Victor MT Silalahi memimpin pengambilan sumpah jabatan Kabag Sumda AKP I Nyoman Sutawan dan Kabag Ren AKP Gregorius RomeaKabag di lapangan upacara Polres Sumba Timur, Selasa (28/8).

 

Frangky Johannis

Kapolres Sumba Timur AKBP Victor MT Silalahi memimpin langsung acara serah terima jabatan (sertijab) tiga perwira pertama di lingkup Polres Sumba Timur, Selasa (28/8).

Tiga perwira tersebut yakni Kabag Ren dan Kapolsek Kota Waingapu, serta pelantikan Kabag Sumda.

AKP I Nyoman Sutawan yang sebelumnya menjabat Kabag Ren menduduki jabatan baru sebagai Kabag Sumda, mengantikan Kompol Alex Rapangula. Sementara jabatan Kabag Ren yang ditinggalkannya diisi oleh AKP Gregorius Romea yang sebelumnya menjabat Kanit Binmas Polsek Laura, Polres Sumba Barat. Sedangkan Kapolsek Kota Waingapu Ipda Andhika D Prahastoyo, digantikan Ipda Aldy Lazzuardy S.

Kapolres Sumba Timur AKBP Victor MT Silalahi dalam amanatnya mengatakan, mutasi merupakan dinamika organisasi, sebagai bagian dari pembinaan di tubuh Polri yang senantiasa berlangsung secara sistimatis, konsisten, dan berkelanjutan.

“Mutasi merupakan wujud pengembangan organisasi yang dilaksanakan melalui mutasi dan pergeseran tempat penugasan. Mutasi juga merupakan bentuk pengembangan karir perwira Polri karena perlu adanya penyegaran atau promosi jabatan, sehingga karir para perwira dapat meningkat sesuai dengan kinerja dan kepangkatan yang disandangnya,” katanya.

Menurut Victor, pergantian jabatan akan senantiasa terjadi seirama dengan dinamika perubahan yang memerlukan perhatian, kewaspadaan, dan kecermatan analisa, sehingga kita tidak terlambat mengantisipasi dan tidak juga terlambat dalam bertindak cepat, tepat, dan benar sesuai dengan perkembangan lingkungan setempat.

Namun, satu hal yang tidak boleh berubah, yakni identitas dan jati diri sebagai insan Bhayangkara yang taat hukum serta senantiasa melindungi, melayani, dan mengayomi masyarakat.

Kapolres juga menjelaskan, saat ini tingkat kepercayaan publik (publick trust) terhadap Polri sudah berada pada posisi ketiga teratas setelah institusi TNI.

Dengan pencapaian tersebut, kata Victor, dalam pelaksanaan tugas sebagai insan Bhayangkara, ada beberapa hal yang perlu dicermati dan dilaksanakan, yakni konsolidasi reformasi Polri, peningkatan kinerja, pelaksanaan tugas sesuai dengan Undang- Undang Nomor 02 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan peraturan lainnya yang berlaku, tegakan terus hukum dan perangi kejahatan konvensional, tekan terus street of crime, crude liver crime, kejahatan konvensional, dan tindak pidana korupsi.

Kapolres juga menyampaikan ucapan selamat kepada AKP I Nyoman Sutawan atas jabatan yang baru dipercayakan sebagai Kabag Sumda dan Kabag Ren AKP Gregorius Romea yang tentunya akan memberikan warna tersendiri dalam memimpin dan mengelola administrasi personel yang dipimpin.

“Bagi pejabat baru segera lakukan penyesuaian dengan tugas dan tangung jawab yang diemban, dan saya berharap dapat melanjutkan program kerja pejabat sebelumnya,” kata Victor.

Bagi mantan Kabag Ren Kompol Alex Rapangula dan mantan Kapolsek Kota Waingapu Ipda Andhika D Prahastoyo, Kapolres Sumba Timur mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas pengabdian dan upaya-upaya yang sudah dilakukan selama menjabat.

Untuk diketahui, jabatan Kapolsek Kota Waingapu diserahkan kepada Kapolres Sumba Timur Victor MT Silalahi karena pejabat yang baru sedang mengikuti Dikbangspes, sehingga belum bisa hadir untuk melaksanakan upacara serah terima jabatan.

Diakhir amanatnya Kapolres mengajak semua anggota Polres Sumba Timur untuk menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat, agar masyarakat merasakan kehadiran Polri dalam menangani permasalahan kamtibmas. (bev/ol)