Kasus Perindo Sumba Barat Daya Naik Tahap Penyidikan

berbagi di:
Ketua Bawaslu SBD, Niko Kaleka

Ketua Bawaslu SBD, Niko Kaleka

 

Frengky Keban
Kasus dugaaan pergeseran suara antar caleg Partai Perindo di dapil III (Kecamatan Wewewa Selatan) resmi ditingkatkan ke tahap penyidikan. Penyidikan ini dilakukan polisi dan kejaksaan yang tergabung dalam tim Gakumdu Sumba Barat Daya (SBD), Nusa Tenggara Timur.

Ketua Bawaslu SBD, Nikodemus Kaleka kepada VN, Rabu (12/6) pagi mengatakan berkas kasus pergeseran suara antar caleg telah dinyatakan lengkap oleh Tim Gakumdu dengan mengantongi sejumlah alat bukti seperti C1 dan keterangan para saksi. Tidak ada alasan bagi pihaknya menghentikan kasus tersebut.

“Kasus ini sendiri sudah selesai tanggal 31 Mei kemarin tapi belum dilakukan pelimpahan berkas karena bertepatan dengan hari libur,” katanya.

Selain kasus pergeseran suara antar caleg dalam Partai Perindo, kata Niko, peningkatan kasus ke tahap penyidikan juga terjadi pada kasus dugaan penggelembungan suara di Wewewa Timur yang melibatkan Ketua PPK Wewewa Timur bersama operatornya.

“Untuk Wetim pun sudah naik ke tahap penyidikan setelah pembahasan kemarin (11/6). Saat kami lakukan klarifikasi ketua PPK secara gamblang mengakui semuanya bahwa dirinya bersama operatorlah yang melakukan upaya penggelembungan tersebut,” tegasnya.

Ia berharap semua kasus yang sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan tersebut bisa memberikan dampak positif bagi perbaikan sistem demokrasi di wilayah tersebut yang menurutnya masih diliputi pelbagai persoalan pelik. (bev/ol)