Kelola APBN dan Fasilitas Kebersihan, Lantamal VII Kupang-Bank Mandiri Tandatangani MoU

berbagi di:
Kepala Akuntansi Lantamal VII Kupang, Mayor Laut (S), Umar Ismail (kedua dari kiri) dan Area Operation Manager PT Bank Mandiri, Muhamad Hanafi (kedua dari kanan) tunjukkan isi nota perjanjian kerja sama usai ditandatangani di aula serbaguna Lantamal VII Kupang, Rabu (27/2).

Kepala Akuntansi Lantamal VII Kupang, Mayor Laut (S), Umar Ismail (kedua dari kiri) dan Area Operation Manager PT Bank Mandiri, Muhamad Hanafi (kedua dari kanan) tunjukkan isi nota perjanjian kerja sama usai ditandatangani di aula serbaguna Lantamal VII Kupang, Rabu (27/2).

Jumal Hauteas

Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Bank Mandiri Cabang Kupang untuk pengelolaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan penyerahan bantuan fasilitas kebersihan berupa kendaraan roda tiga sebanyak dua unit.

Penandatanganan MoU ini dilaksanakan oleh Kepala Akuntansi Lantamal VII Kupang, Mayor Laut (S) Umar Ismail dan Area Operation Manager PT Bank Mandiri, Muhamad Hanafi di ruang serbaguna Mako Lantamal VII, Rabu (27/2). Wadan Lantamal VII Kupang, Kolonel Laut (P) M Nazif, para asisten Lantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Kadis dan Kasatker Lantamal VII serta sejumlah undangan hadir dalam acara tersebut.

Danlantamal VII Kupang, Brigjend TNI (Mar), Kasirun Situmorang dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wadan Lantamal VII Kolonel Laut (P) Muhamad Nazif mengatakan, tujuan dari penandatanganan MoU ini adalah untuk mendapatkan persamaan pola tindak antara Lantamal VII Kupang dan Bank Mandiri Cabang Kupang, dengan melibatkan layanan kantor Cabang Bank Mandiri Kupang yang ditunjuk melalui pembukaan rekening biro bendahara Lantamal VII.

Ia berharap biro bendahara Lantamal VII Kupang yang nantinya bertugas mengelola dana APBN ini akan lebih mudah untuk mengadministrasikan transaksi keuangan dan mempertanggung jawabkan anggaran yang dibutuhkan dan dibelanjakan untuk keperluan belanja negara dalam pelaksanaan APBN pada Kementerian Pertahanan dan TNI.

Menurutnya, keberadaan PT Bank Mandiri ditengah sektor perbankan nasional selama ini telah mengambil peran strategis dalam menunjang pelaksanaa pembangunan nasional. Oleh karena itu kerjasama dengan Bank Mandiri diharapkan dapat berjalan dengan baik sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku dalam rangka mendukung pengelolaan dana APBN pada satker Lantamal VII Kupang.

Setelah penandatanganan MoU kedua belah pihak harus konsisten sehingga kerja sama Bank Mandiri dengan TNI AL pada umumnya, dan Danlantamal VII Kupang bisa terus terjalin.

Area Opertion Manager, PT Bank Mandiri (Persero), Muhamad Hanafi mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Lantamal VII Kupang yang sudah memilih Bank Mandiri untuk melakukan perjanjian kerja sama ini. Karena itu, pihaknya berjanji akan melaksanakan isi dari perjanjian kerja sama ini yang berisi tentang kesepakatan untuk mengadakan kerjasama dengan ruang lingkup pengelolaan APBN tahun 2019 di lingkup satker masing-masing, sesuai prosedur yang berlaku dengan masa berlaku sejak 1 Januari 2019 sampai dengan 31 Desember 2019 dan dapat diperpanjang kembali. (mg-02/E-1)