Kelurahan Alak Dapat Bantuan 50 MCK

berbagi di:
Syarif Lamabelawa
Kelurahan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur mendapatkan  bantuan 50 MCK (mandi, cuci, kakus) tahun 2017 dari APBD Kota Kupang. Proyek sanitasi atau kesehatan lingkungan ini langsung ditangani Dinas PU Kota Kupang.
Lurah Alak Maxemus Lalu yang dikonfirmasi, Rabu (2/8) menjelaskan, proyek sanitasi belum dikerjakan, namun sudah ada informasi pasti dari Pemerintah Kota Kupang.
“Nanti fisik pekerjaannya langsung ditangani Dinas PU. Hanya saja lokasinya dikoordinasikan dengan kelurahan,” katanya.
Hingga saat ini, lanjut Maxemus, pihaknya belum membagi lokasi mana saja yang akan dibangun MCK karena informasi baru saja diterima. Pihaknya harus menggelar rapat terlebih dahulu dengan RT dan RW untuk memutuskan lokasi pembangunan MCK.
Selain MCK, Kelurahan Alak juga mendapatkan bantuan melalui Program Kota Kumuh (Kotaku) tahun 2017 senilai Rp 500 juta dari Bappeda Kota Kupang. Dana program ini akan dimanfaatkan untuk pembangunan jalan lingkungan di RT 04 dan RT 08.
Menurutnya, program Kotaku ini juga sejalan dengan bantuan MCK sebanyak 50 unit pada tahun ini. Karena itu diharapkan lewat bantuan ini, wajah kelurahan semakin baik dari aspek penataan fisik, kesehatan dan kebersihan.
Kelurahan lain yang mendapatkan bantuan Program Kotaku tahun ini yakni Kelurahan Airmata. Kelurahan Airmata masuk dalam urutan pertama dari 10 kelurahan yang mendapatkan bantuan tersebut.
Lurah Airmata Ardiyanto Jalil menjelaskan, bantuan tersebut untuk permukiman kumuh yang sudah disampaikan sejak 2014, dan baru direalisasikan tahun ini.
Dana tersebut, kata dia, dimanfaatkan untuk sejumlah kegiatan antara lain bedah rumah, pembangunan jalan lingkungan, ruang terbuka publik, pengadaan kontainer, dan pengadaan gerobak sampah.
Sementara itu, pada tahun ini juga pihaknya mendapatkan bantuan bedah rumah untuk empat rumah dan pembuatan lantai untuk  15 rumah dari APBD Kota Kupang.
Untuk pembuatan lantai, kata Ardiyanto, sudah dilakukan survei dan penyusunan rencana anggaran belanja (RAB) untuk setiap rumah. Pelaksanaan proyek bantuan ini akan dilaksanakan segera.
Mengenai persyaratan untuk lantainisasi, dia mengatakan, bantuan ini dikhususkan bagi rumah yang masih berlantai tanah. Selain itu, tidak diperbolehkan mendapat bantuan ini.
Sebelumnya, pada tahun 2016, Kelurahan Solor melalui Program Kotaku.  mendapatkan bantuan jalan hotmix sepanjang 750 meter. Program ini satu paket dengan drainase dengan pemasangan lampu solar cell.
Lurah Solor Muslim Nurawi  menjelaskan, Program Kotaku merupakan program Kementerian PU yang dilaksanakan oleh Bidang Cipta Karya Dinas PU Provinsi NTT.
“Sekarang jalannya sudah habis dihotmix, tinggal drainase dan pemasangan lampu solar cell,” kata Nurawi.
Dia mengatakan, seharusnya pada ruas jalan yang sama juga dikerjakan dengan hotmix pada tahun anggaran 2016 dengan dana dari APBD Kota Kupang. Namun, pada saat Dinas PU Kota Kupang hendak melakukan pengukuran, Bidang Cipta Karya Dinas PU NTT sudah lebih dulu melakukan pengukuran.