Kemenaker Akan Bangun Pusat Pelatihan di NTT

berbagi di:
img-20210305-wa0007

 

 

 

Putra Bali Mula

Pemerintahan NTT dan Kementerian Ketenagakerjaan menyiapkan transformasi Balai Latihan Kerja (BLK) NTT. Lokasi BLK NTT nantinya akan menjadi UPTP atau Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Pusat di bawah Kementrian Ketenagakerjaan.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Diskopnakertrans NTT Anis Mau menjelaskan ini kepada VN di Dekranasda NTT, Rabu (2/3).

Transformasi ini mencakup aspek kelembagaan, persepsi, substansi pelatihan, juga sarana dan fasilitas.

“Kita punya UPT saat ini sedang berproses dan kita punya BLK di belakang KOREM itu sedang proses untuk beralih menjadi UPTP atau Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Pusat,” ujarnya.

Pada tahun 2021, Diskopnakertrans NTT mempunyai program digitalisasi Koperasi, UMKM dan pelatihan e-commerce atau digital marketing di pariwisata estate yang ditetapkan Gurbernur NTT.

Sementara dari pusat dengan intervensi anggaran yang ada dapat langsung mempersiapkan SDM NTT dengan UPTP yang nantinya dibangun. Perubahan atau transformasi ini sementara diproses tahun ini.

“Selama ini kan milik Pemda dan sudah ada komunikasi antara Bapak Gubernur dan Bapak Menteri untuk dialihkan menjadi kewenangan pusat,” ungkapnya.

Ia menduga, pembangunan fasilitas ini akan segera dilakukan setelah proses administrasi selesai apalagi kedua pemimpin telah setuju mengenai hal itu.

“Kalau proses administrasi selesai pada bulan ini maka di bulan depan sudah mulai ada pembangunan. Kemungkinan dibangun baru dan tentunya intervensi pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan akan sangat memadai untuk penyedia tenaga kerja terampil di daerah ini,” kata Anis.

Menurutnya, ini menjadi penting untuk SDM NTT karena seperti Lombok Timur nantinya yang telah memiliki fasilitas serupa. Penambahan UPTP ini, kata dia, adalah di Bali dan NTT. (bev/ol)