Kepastian Kunjungan Presiden ke Lembata setelah Rapat Esok

berbagi di:
img-20210407-wa0038

Jalan yang menghubungkan Desa Jontona dan Desa Lamawolo, Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata, NTT yang sebelumnya putus dan dipenuhi material banjir kini sudah dibersihkan dan ditimbun untuk persiapan kunjungan Presiden RI Joko Widodo yang direncanakan pada Jumat (9/4). Gambar diabadikan Rabu (7/4) sore. Foto:Hiero Bokilia/vn.

Hiero Bokilia

RENCANA kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Lembata untuk memantau langsung kondisi para korban banjir bandang di Ile Ape dan Ile Ape Timur, Kabukaten Lembata, Provinsi NTT pada Jumat (9/4) sejauh ini belum dapat dipastikan. Kepastian Kunjungan Presiden baru disampaikan usai rapat virtual bersama Danrem 161/Wirasakti dan Kapolda NTT yang dilaksanakan Kamis (8/4) esok.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lembata, Paskalis Ola Tapobali kepada VN, Rabu (7/4).

Sekda Tapobali menjelaskan, terkait rencana kunjungan Presiden ke Lembata masih dalam tahapan koordinasi dan belum final.

“Besok baru final, karena, terkadang sudah ya tapi kemudian bisa, batal. Masih tentatif semua,” terang Tapobali.

Apalagi, lanjutnya, kunjungan itu sudah diarahkan untuk berkoordinasi dengan Danrem 161 Wira Sakti Kupang dan Kapolda, sehingga setelah rapat virtual digelar baru bisa diketahui kepastian kunjungan Presiden.

Terkait persiapan lapangan menyambut kedatangan Presiden, Tapobali menjelaskan bahwa mengingat sejauh ini belum ada komando sehingga pemerintah daerah (Pemda) hanya melakukan identifikasi terkait penginapan bagi tamu kepresidenan, termasuk mobil yang nanti akan digunakan Presiden.

“Kita masih tunggu perintah dari atas dan arahan dari Kapolres,” katanya sembari meminta VN menghubungi Kapolres Lembata AKBP Yoce Marthen untuk mengkonfirmasi kesiapan menjelang kunjungan presiden.

Sementara itu, informasi yang dihimpun VN menyebutkan, pada Rabu (7/4), tim telah melakukan pembersihan lapangan, dan menempatkan 100 personel aparat di lapangan.  Selain itu, pada Kamis (8/4), Paspampres akan tiba di Lewoleba guna melakukan persiapan lapangan terkait kedatangan Presiden.

Pantauan VN, pemerintah juga mulai melakukan pemantauan situasi dan kondisi masyarakat di wilayah terdampak bencana banjir bandang, serta menyiapkan infrastruktur yang akan dilalui rombongan Presiden.

Sesuai rundown yang dikeluarkan Pemkab Lembata, Presiden tiba di Bandara Wunopito Lewoleba, Kabupaten Lembata, NTT, Jumat (9/4) pukul 08.00 Wita, dan langsung menuju penampungan pengungsi dan meninjau dapur umum di Kelurahan Lewoleba Timur, Kecamatan Nubatukan. Selanjutnya, rombongan akan menuju Waipukan Kecamatan Ile  Ape dan meninjau pengungsi di sana.

Dari situ, rombongan lalu menuju ke Desa Amakaka Kecamatan Ile Ape, lokasi terdampak terberat dan meninjau langsung kondisi di lapangan.

Usai di Amakaka, Presiden menuju Desa Waimatan, Kecamatan Ile Ape Timur untuk meninjau kondisi bencana.

Presiden dijadwalkan makan siang di Waimatan dan setelahnya langsung kembali ke Lewoleba. (Yan/ol)