Kodim Sosialisasi Corona saat laksanakan TMMD

berbagi di:
img-20200405-wa0025

Kepala Desa Nian turut membantu membagi ember cuci tangan yg disediakan Kodim 1618/TTU. Foto: Gusty/VN

 

 

 

Gusty Amsikan
Kodim 1618/TTU melaksanakan sosialisasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19 dan pembagian ember cuci tangan di lokasi pelaksanaan TMMD Ke-107 tahun 2020 di Desa Ni’an, Kecamatan Miomaffo Tengah, Kabupaten TTU.

Kegiatan yang mengusung tema ‘TMMD Pengabdian untuk Negeri’ itu bertujuan memberikan pemahaman dan penyadaran kepada masyarakat agar berwaspada dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat guna mencegah penyebaran Covid-19. Masyarakat diimbau melaksanakan program pembangunan di desa dengan tetap menjaga kesehatan serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Sosialisasi dilaksanakan pada Rabu, (1/4), pukul 11.00–12.50 Wita, di lokasi pelaksanaan TMMD Ke-107 TA. 2020 Desa Nian, Kecamatan Miomaffo Tengah.

Pasi Ter Dim 1618/TTU, Kapten Inf. Agustinus Ahang mengatakan program TMMD di Desa Nian tetap dilaksanakan, namun prajurit TNI dan masyarakat wajib memperhatikan kesehatan masing-masing. Pihaknya telah menyediakan alat untuk mengecek suhu tubuh di lokasi pelaksanaan TMMD, untuk itu, para prajurit dan masyarakat wajib mengecek kondisi suhu tubuh sebelum melaksanakan aktivitas fisik. Pasalnya, saat inipenyebaran virus corona tengah mengancam keselamatan seluruh masyarakat sehingga kewaspadaan perlu ditingkatkan.

Selain itu, lanjut masyarakat pun harus bekerja sama dan mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan cara mencuci tangan, menjaga jarak, minum air hangat, serta memenuhi kebutuhan lain yang berkaitan dengan kesehatan. Hal tersebut dilakukan agar menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari ancaman virus yang mematikan.

“Untuk mendukung program pencegahan penyebaran Covid-19, TNI dalam hal ini Kodim 1618/TTU juga mengajak masyarakat untuk rajin cuci tangan setiap habis kegiatan apapun dengan membagikan bak/ember cuci tangan, untuk mencegah situasi saat ini yakni penyebaran Covid-19. Kodim membagikan bak/ember cuci tangan ini dengan maksud mengajak masyarakat untuk berdayakan kebiasaan cuci tangan di depan rumah untuk jaga kesehatan,”ungkapnya.

Kepala Desa Ni’an, Agustinus Kono Toan dalam pemaparannya mengatakan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, masyarakat diimbau agar tetap menjaga jarak aman sertah menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Salah satu hal terpenting adalah membiasakan diri untuk mencuci tangan setelah beraktivitas. Kebiasaan tersebut harus diterapkan oleh semua warga desa dari anak-anak hingga dewasa. Hal itu dapat membantu mencegah penularan Covid-19.

Toan mengimbau masyarakat agar memberikan informasi kepada keluarga yang berada di luar kota atau luar daerah untuk tidak bepergian atau kembali ke Desa Nian dalam beberapa waktu mendatang. Hal tersebut dilakukan agar menghindari penyebaran atau penularan Covid-19. Keluarga atau kerabat dapat kembali berkunjung setelah situasi dinyatakan aman. Ia juga meminta seluruh warga Desa Nian agar meningkatkan solidaritas demi menyukseskan pembangunan di desa.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut Pasi Ter Dim 1618/TTU, Kapten Inf. Agustinus Ahang, Babinsa Desa Ni’an Pelda Frans Taci, Kepala Desa Ni’an, Agustinus Kono Toa, Sekretaris Desa Ni’an, Hendrikus Kono. Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan pembagian secara simbolis ember bak cuci tangan kepada masyarakat setempat. (bev/ol)