Kojeek Siap Bantu Pemerintah Distribusi Vaksin

berbagi di:
 Komunitas Kojeek Kupang menyerahkan bantuan berupa pagar besi kepada warga Oenesu.

Komunitas Jeep Kupang (Kojeek) membuka jalan untuk masyarakat Desa Oenesu, Kabupaten Kupang, sebelum pandemi Covid 19. Foto: dok. Kojeek

 

 

 

Pascal Seran

Komunitas Jeep Kupang (Kojeek) siap membantu pemerintah untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 ke daerah-daerah yang sulit dilalui oleh mobil ambulance akibat lumpur. Kojeek siap dengan mobil penggerak 4 X 4 untuk membantu pemerintah asal ada surat resmi dari pemerintah.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Organisasi Kojeek Chak Rais kepada VN, Rabu (10/2).

Dia mengungkapkan, beberapa waktu lalu, dia menyaksikan lewat video yang beredar, ada kendaraan yang memuat vaksin sinovac sulit melewati medan yang berlumpur di daerah Timau.

“Kondisi seperti itu bisa dilewati oleh anggota Komunitas Kojeek. Karena itu, kalau ada surat resmi dari pemerintah, kami siap untuk membantu,” tegasnya.

Ketua Umum Kojeek Aba Sahel Djawas menambahkan, terkait dengan niat untuk membantu pemerintah, Kojeek pasti akan melewati medan seberat apapun.

“Kojeek pasti lewat, bukan karena kendaraannya, tetapi kekompakan, kerja sama, dan trik hebat dari para pengemudinya,” ujar Aba.

Dia mengakui, di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan Kojeek dibatasi untuk menghindari kerumunan. “Tetapi kalau pemerintah minta bantuan kita untuk mendistribusikan vaksin, pasti kita akan lakukan dengan mengikuti protokol kesehatan,” ungkapnya.

 Komunitas Kojeek Kupang menyerahkan bantuan berupa pagar besi kepada warga Oenesu.
Komunitas Kojeek Kupang menyerahkan bantuan berupa pagar besi kepada warga Oenesu.

Adapun kegiatan rutin yang sudah dilakukan sejak tahun 2020 lalu, yaitu Safari Ramadhan dan Safari Natal. “Untuk tidak mengganggu teman-teman yang merayakan Hari Raya itu, kita atur kepanitiaannya, yang panitia Safari Ramadhan itu teman-teman non Muslim dan untuk Safari Natal itu teman-teman muslim,” jelasnya.

Untuk Safari Ramadhan 2020, kata dia, Kojeek berkunjung ke Oinlasi, kabupaten TTS. Sementara Natal, Kojeek berkunjung ke sebuah gereja di Timau, Kabupaten Kupang.

Bantu Pagar
Untuk tahun ini, jelas Aba, pihaknya sudah melakukan kegiatan dengan memberikan bantuan pagar ke dua dusun di Desa Oenesu. “Bantuan itu kita serahkan karena ada permintaan dari dua dusun itu. Mereka mengeluh karena di musim tanam seperti saat ini, hewan peliharaan warga sering merusak tanaman mereka, karena itu kita bantu dengan menyerahkan dua pagar,” ujarnya.

Aba mengakui, ada beberapa kegiatan Kojeek yang masih tertunda sampai saat ini akibat pandemi, yaitu Safari Natal 2020. Selain itu, ada kegiatan untuk menyambut hari ulang tahun Kojeek dan Valentine Night.

“Mungkin nanti kita kemas sesuai dengan protokol kesehatan. Sesuai rencana, kami akan membagikan masker dan Handsanitizer di Desa Oenesu,” tandasnya.

Bendahara Kojeek Oltry Huwae menambahkan para ibu akan mendukung berbagai kegiatan Kojeek. “Semua kegiatan akan bersemangat apabila kampung tengah terisi. Tentunya ini bisa terlaksana karena didukung oleh mama-mama kolong (ibu-ibu Kojeek) yang sidap sedia menyajikan makanan walaupun harus masak di dalam keadaan hujan,” ungkapnya. (bev/ol)