Kolam Airnona Kering

berbagi di:
screenshot_2020-06-24-20-47-56-17

 

 

 

Yapi Manuleus

Kolam alam di wilayah Kelurahan Airnona Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang yang dikenal dengan nama Kolam Airnona tampak kering akibat curah hujan yang rendah tahun ini.

Pantauan VN Rabu (24/6), tak ada air sama sekali di dalam kolam. Hanya tampal dasar kolam yang terbuat dari semen dan dedaunan kering. Anak-anak pun tampak leluasa bermain di dasar kolam.

Jemmy Baria, warga Kelurahan Airnona mengatakan kolam tersebut cepat kering karena curah hujan tahun ini tidak lancar. Ketika curah hujan lancar, maka air kolam terisi penuh hingga bulan Oktober

“Biasa kalau hujan bagus itu bulan Oktober baru dia bisa kering,” ujarnya.

Sebelumnya, Lurah Airnona Milton Thome mengatakan pengerjaan lantai dasar kolam berpengaruh pada debit air.

Menurutnya, kolam tersebut merupakan kolam alam dan bukan kolam buatan sehingga seharusnya tidak perlu untuk dilantainisasi karena dapat mempengaruhi debit mata airnya.

“Ini kolam dilantainisasi ini sebelum saya menjabat jadi Lurah di sini, padahal ini kan kolam alam jadi kalau dibuat lantai begini terpengaruh karena dia punya mata air juga kan ada yang timbul dari bawah, makanya kalau buat lantai begini tutup mata airnya,” katanya.

Ia berharap agar kolam tersebut bisa direnovasi ulang sehingga tidak memakai lantai dasar dalam kolam itu sehingga tidak mempengaruhi debit air yang harusnya cukup besar dan bisa dimanfaatkan warga. (bev/ol)