Temu Mitra Pariwisata, Komunitas Kreatif di Lembata Sentil Minimnya Penghargaan dari Pemda

- Selasa, 25 Januari 2022 | 21:34 WIB
Komunitas Kreatif di Lembata foto bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Setda Kabupaten Lembata sebelum penandatanganan rekomendasi Temu Mitra Pariwisata, Selasa (24/1/2022).  (Hiero Bokilia Victory News)
Komunitas Kreatif di Lembata foto bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Setda Kabupaten Lembata sebelum penandatanganan rekomendasi Temu Mitra Pariwisata, Selasa (24/1/2022). (Hiero Bokilia Victory News)

LEWOLEBA, VICTORY NEWS-Sejumlah komunitas kreatif yang ada di Lembata, seperti Komunitas Fotografi, Komunitas Kreatif Lembata dan Komunitas Ekonomi Kreatif Lembata menyentil minimnya perhatian dan penghargaan dari pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Lembata atas karya kreatif yang dihasilkan.

Hal itu mengemuka dalam Temu Mitra Pariwisata Kabupaten Lembata, di Palm Indah Hotel, Lewoleba, Kabupaten Lembata, NTT, Selasa (25/1/2022).

Andre Kriting, dari Komunitas Fotografi Lembata mengatakan, sudah beberapa kali Komunitas Fotografi Lembata menggelar pameran fotografi. Hanya saja, kegiatan yang digelar itu belum mendapat perhatian pemerintah.

Baca Juga: Bandara El Tari Kupang Buka Ruang Khusus UMKM

Padahal, keberadaan komunitas ini juga ikut membantu mempromosikan pariwisata di Lembata lewat foto dan video.

Karya-karya fotografi dari para anggota komunitas pun, kata dia, kadang digunakan untuk baliho dan materi presentasi. Sayangnya, penggunaan foto tersebut tanpa meminta izin kepada pemilik karya foto.

"Kami tidak menuntut foto-foto kami digunakan harus dibayar, tapi minimal ada pemberitahuan dan minta izin menggunakan foto karya kami itu," tegas Andre.

Dominikus Karangora, dari Parfi Lembata menilai, Temu Mitra Pariwisata terlaksana setengah hati. Masih ada sejumlah kelompok atau komunitas kreatif di Lembata yang tidak dilibatkan, misalnya Komunitas Blogger dan perfilman.

Baca Juga: Dua Destinasi Wisata Teluk Kupang Diserahkan Bulan Februari, Pemkot Hanya Pengelola, Bukan Pemilik Aset

Padahal, blogger dan pelaku seni juga ikut mempromosikan pariwisata Lembata. Bahkan, karya perfilman putra Lembata masuk nominasi film nasional.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Terkini

Joe Shop Kupang Berbagi Kasih dengan Anak Panti

Minggu, 24 April 2022 | 21:59 WIB

IPF Terus Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat

Minggu, 20 Maret 2022 | 21:07 WIB
X