Anggaran Pilkada Kabupaten Kupang Mencapai Rp 22 Miliar

berbagi di:
dana-parpol

Yes Balle

 

 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mendapatkan anggaran sebesar Rp 22.145.593.000 untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di kabupeten tersebut tahun 2018 mendatang. Anggaran tersebut akan dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama sebesar Rp 5 miliar dicairkan tahun ini, sisanya dicairkan di tahun 2018.

Hal itu disampaikan juru bicara KPU Kabupaten Kupang Imanuel W Ballo yang ditemui di Sekretariat KPU Kabupaten Kupang di Oelamasi, Rabu (6/9).

Kepastian anggaran pelaksanaan Pilkada Kabupaten Kupang tersebut menurut Imanuel diperoleh setelah penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) akhir bulan Agustus lalu.

KPU mengapresiasi sikap Pemkab dan juga DPRD Kabupaten Kupang yang sangat responsif dan bertanggung jawab sesuai regulasi yang berlaku untuk menyiapkan dana pilkada.

Imanuel menambahkan, tahapan Pilkada Kabupaten Kupang akan dilaunching Rabu, (27/9) mendatang. Saat ini, persiapan teknis pelaksanaan pilkada sementara dirampungkan oleh KPU Kabupaten Kupang.

“Bulan Oktober mendatang kami akan bentuk panitia ad hoc dan kami juga akan menerima persyaratan dukungan dari calon perseorangan bulan November nanti,” jelas Imanuel.

Ketua KPU Kabupaten Kupang Hans Ch Louk menambahkan pihaknya tidak menemui hambatan meskipun pelaksanaan Pilkada Kabupaten Kupang bersamaan dengan Pilgub NTT. Pasalnya, KPU Kabupaten Kupang hanya mempersiapkan teknis pelaksanaan sedangkan secara administrasi merupakan tanggung jawab KPU Provinsi NTT. (ol-01)