KPU NTT Instruksikan Sortir Surat Suara Rusak

berbagi di:
Suasana Dialog Bakohumas yang digelar Biro Humas Setda Provinsi NTT di Aula Hotel Ima Kupang, Kamis (11/4). Foto Jumal Hauteas/VN

Suasana Dialog Bakohumas yang digelar Biro Humas Setda Provinsi NTT di Aula Hotel Ima Kupang, Kamis (11/4). Foto Jumal Hauteas/VN

 

 

Jumal Hauteas

Ketua KPU NTT, Thomas Dohu dalam Dialog Bakohumas yang dilaksanakan Biro Humas dan Protokol Setda NTT di Aula Hotel Ima Kupang, Kamis (11/4) mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan surat suara, pihaknya sudah menginstruksikan KPU kabupaten/kota se-NTT untuk sortir ulang surat suara yang sudah dinyatakan rusak pada penyortiran awal, sehingga jika nantinya ada kerusakan surat suara pada kiriman kedua, bisa dipenuhi dengan surat suara yang ditemukan baik dalam proses sortir ulang dimaksud.

Untuk memastikan pemungutan suara pada 17 April berjalan dengan baik, pihaknya juga sudah meminta KPU kabupaten/kota untuk melakukan pengepakan untuk daerah-daerah terjauh, sehingga nantinya surat suara dan logistik lain yang kurang tiba, tinggal pengepakan untuk daerah-daerah yang berada dalam radius perkotaan dan sekitarnya.

“Kita minta teman-teman di KPU kabupaten/kota untuk tidak menunggu sampai semua logistik lengkap baru dilakukan pengepakan. Tetapi kita minta agar langsung dilakukan pengepakan lebih dahulu untuk wilayah yang jauh, sehingga nantinya tersisa yang dekat dilakukan pengepakan kemudian, setelah logistik yang datang kemudian,” urainya.

Khusus untuk kotak suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) semuanya wajib menggunakan kotak suara transparan, sehingga jika nantinya terjadi kekurangan kotak suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) baru digunakan kotak suara lama yang aluminium.

“Kotak suara kita pastikan akan digunakan yang transparan di TPS. Kalau kurang, berarti yang di PPK yang gunakan yang aluminium. Sedangkan logistik lain yang masih dalam pengiriman kekurangannya adalah yang berhologram baik piano dan folio yang dicetak oleh KPU RI, dan sudah dalam perjalanan. Kita harapkan bisa sampai dalam satu-dua hari ini,” tandasnya.