Kuanino Buat Peta Kelurahan Online

berbagi di:
Syarif Lamabelawa
Setelah meluncurkan website kelurahan dan pelayanan online, Pemerintah Kelurahan Kuanino, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur terus melakukan inovasi dengan membuat peta kelurahan online untuk mengakses alamat warga yang bermukim di kelurahan itu.
Lurah Kuanino Resben Mitabae kepada VN, Rabu (2/8) menjelaskan peta online tersebut bisa diakses langsung melalui website kelurahan yang sudah dibuat. Sama seperti pelayanan surat-surat secara online, warga juga bisa mencari alamat keluarga yang tinggal di wilayah Kelurahan Kuanino melalui peta google.
Namun, kata dia, untuk pembuatan peta online, pihaknya terlebih dahulu mendata seluruh warga berdasarkan alamat per RT dan RW. Alamat dan nama warga harus sudah diimput dalam data base penduduk di kelurahan itu.
“Kalau data base ini sudah ada, baru kita sampaikan ke programernya. Secara teknis menjadi urusan programer,” katanya.
Menurutnya, inovasi yang dilakukan pihaknya ini dalam rangka mempermudah pelayanan kepada warga, baik dalam berurusan surat-surat maupun mempermudah warga dalam mencari alamat.
Dia berharap, pembuatan peta online kelurahan ini bisa segera dilaksanakan dalam waktu dekat, dan semakin melengkapi konten website yang sudah diluncurkan pekan lalu.
Operator Pelayanan Berbasis Online Kelurahan Kuanino Taufik Nanggula menjelaskan, seharusnya peta online ini sudah selesai dibuat dan diluncurkan bersamaan dengan website, namun karena masih dilakukan pendataan sehingga belum bisa diprogramkan.
Sementara terkait pelayanan online, ia mengatakan, warga yang mengakses pelayanan secara online adalah warga yang sudah masuk dalam data base kependudukan di kelurahan itu, dan telah memiliki nomor induk kependudukan (NIK). Sehingga begitu mengetik NIK, akan muncul nama dari warga yang membuat permohonan.
Dia menjelaskan, ada beberapa tahapan log in yang dilakukan pemohon. Log in pertama mengisi NIK pemohon, kemudian log in untuk mendapatkan disposisi dari RT, dan RW dengan memasukkan nama RT dan RW yang menjadi tempat tinggal pemohon.
Selanjutnya operator bisa memantau permohonan surat keterangan dari warga melalui website untuk diprint untuk ditandatangani lurah. Namun sebaliknya, kata dia, apabila permohonannya lama tidak direspon maka pemohon dapat langsung ke kantor lurah.
Sebelumnya Lurah kuanino Resben Mitabae megatakan, website yang diberi nama kel-kuanino.net itu, selain berisi tentang profil kelurahan, juga bisa dilakukan login untuk pengurusan 14 jenis surat keterangan di tingkat kelurahan.
Dia menjelaskan, dengan pelayanan online, warga yang hendak mengurus surat-surat tersebut langsung mengisi biodatanya di formulir yang sudah tersedia lewat website tersebut.
“Dengan data yang sudah terisi lewat log in, operator langsung memprintnya untuk ditandatangani lurah. Setelah itu pemohon langsung datang mengambilnya di kantor lurah.
Dia menyebut, 14 jenis surat keterangan tersebut yakni keterangan belum memiliki rumah, belum menikah, kelakuan baik, domisili, tidak mampu, usaha, pindah kelurahan, IMB, SITU, keterangan lain-lain, kelahiran, kematian, dan tidak mampu kematian.