PT Semen Kupang Tak Beroperasi, Pemerintah Pusat Cari Investor Baru

- Senin, 10 Januari 2022 | 08:16 WIB
Bangunan PT Semen Kupang (Putra Bali Mula)
Bangunan PT Semen Kupang (Putra Bali Mula)

KUPANG, VICTORY NEWS-Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian BUMN menunjuk PT Perusahaan Pengelola Aset Pemerintah (PT PPA Pesero) untuk mencari investor baru menggantikan PT Sarana Agra Gemilang (SAG) dalam Kerjasama Operasional (KSO) pengelolaan pabrik Semen Kupang.

Langkah ini diambil Kementerian BUMN setelah KSO pengelolaan PT Semen Kupang dengan PT SAG Bank Mandiri Tbk, dan Pemprov NTT berakhir pada 31 Desember 2021.

"Sebenarnya, batas waktu KSO jatuh pada Bulan Juni 2021. Namun diperpanjang hingga 31 Desember 2021. Sehingga setelah itu, praktis PT Semen Kupang untuk sementara berhenti sementara," ungkap Komisaris PT Semen Kupang Prof Daniel Kameo yang dihubungi VN, Sabtu (8/1/2022).

Menurut Prof Kameo, pasca berakhrinya KSO, Kementerian BUMN menunjuk PT PPA Persero untuk mencari perusahaan baru pengganti PT SAG.

"Hingga saat ini, tidak ada kesepakatan kelanjutan beroperasi dengan SAG atau ada perusahaan lain yang bisa melanjutkan KSO bersama PT Semen Kupang," bebernya.

Oleh karena itu, kata Prof Kameo, dengan sendirinya semua aktivitas produksi harus dihentikan sementara hingga ada penandatanganan KSO baru.

Baca Juga: KSO Berakhir, Tak Ada Keuntungan dari PT Semen Kupang


"PT SAG berakhir masa kontrak maka wajib berhentikan produksinya karena dia (SAG) yang mengoperasikannya," tegas Guru Besar Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga itu.

Terkait kelanjutan operasi PT Semen Kupang, Prof Kameo mengatakan, PT Semen Kupang adalah milik Pemerintah Pusat di bawah kewenangan PT PPA Persero yang adalah anak perusahaan Kementerian BUMN.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Terkini

ASN NTT akan Mulai Gunakan Kendaraan Listrik

Minggu, 3 Juli 2022 | 09:00 WIB

47 Anggota Polresta Kupang Kota Naik Pangkat

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:31 WIB
X