Supaya Lebih Profesional, Pemkot Kupang Kaji Pengelolaan Sampah oleh Pihak Ketiga

- Senin, 10 Januari 2022 | 20:02 WIB
 Kepala Balitbangda Kota Kupang, Yeri Padji Kana.
Kepala Balitbangda Kota Kupang, Yeri Padji Kana.


 

KUPANG, VICTORY NEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang berencana mengalihkan penanganan dan pengelolaan sampah ke pihak ketiga. Pemkot menghendaki penanganan sampah dilakukan lebih profesional dalam upaya mewujudkan Kota Kupang yang bersih dan asri.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Kupang, Yeri Padji Kana, Senin (10/1/2022) mengaku sedang mengkaji kemungkinan pengelolaan sampah dialihkan ke pihak ketiga.

"Wacana itu sebenarnya digulirkan sejak lama dan kita baru mulai kaji. Kita akan menelaah dari semua sisi kemanfaatannya, sehingga saat dialihkan pengelolaan nantinya, benar-benar berjalan efektif dan efisen dalam mengatasi sampah di Kota Kupang," katanya.

Baca Juga: Produksi Sampah di Kota Kupang Meningkat jadi 90 Ton per Hari

Padji Kana mengatakan, kajian yang akan dilakukan itu, meliputi semua aspek, terutama dari sisi sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang dimiliki pemerintah kota.

Yeri menjelaskan, tenaga kebersihan Kota Kupang berjumlah 300-an petugas juga mesti dipertimbangakan nasib mereka kedepan, apabila pengelolaan sampah itu diambialih pihak ketiga.

Yeri mengatakan, kebijakan yang diputuskan nantinya, tidak boleh mengorbankan para petugas kebersihan. Mereka juga berhak mendapatkan penghasilan serta kehidupan yang layak.

"Apakah polanya nanti mereka masuk dan diberdayakan oleh pihak ketiga, atau bagaimana. Ini perlu dipertimbangkan dan menjadi fokus kajian mendatang," katanya.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

Chris Mboeik: Partai Politik Butuh Media

Minggu, 22 Mei 2022 | 09:35 WIB
X