Dinkes Tunggu Petunjuk Kemenkes Soal Vaksin Booster

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 09:49 WIB
Anak-anak SD di Kota Kupang, NTT sedang mengikuti vaksinasi anak, beberapa waktu lalu. Foto:Sinta Tapobali vn
Anak-anak SD di Kota Kupang, NTT sedang mengikuti vaksinasi anak, beberapa waktu lalu. Foto:Sinta Tapobali vn

KUPANG,VICTORY NEWS-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, masih menunggu petunjuk pelaksanaan vaksin ketiga atau booster dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, kendati Pemerintah Kota (Pemkot) telah siap melaksanakan vaksin ketiga itu.

"Sampai saat ini tim Dinas Kesehatan siap melaksanakan vaksin ketiga atau Booster. Namun harus merujuk pada petunjuk pelaksanaan dari Kemenkes," kata Kadis Kesehatan Kita Keseh Kota Kupang, Retnowati saat dikonfirmasi, Sabtu (15/1/2022).

Retno mengatakan, pelaksanaan booster itu juga mempertimbangkan ketersediaan vaksin. Adapun jenis vaksin ketiga adalah moderna dan pfizer.

Baca Juga: 30 Persen Perguruan Tinggi Swasta di NTT Tidak Sehat

Vaksin ketiga itu, kata Retno, hanya diperuntukan bagi masyarakat yang sudah menerima dosis pertama dan kedua dengan jenis vaksin Sinovac, Astra Zeneca dan lainnya.

Kata Retnowati, salah satu syarat daerah melaksanakan vaksin booster, apabila capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 70 persen. Sementara capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Kupang sudah mencapai 91,71 persen dan dosis kedua mencapai 66,85 persen.

Baca Juga: Cegah Demam Berdarah, Kelurahan Penfui Komit Galakkan Jumat Bersih

Selain itu, dalam dua minggu ke depan, sebut Retnowati, Dinkes bersama seluruh tim dari puskesmas, juga akan fokus memberikan pelayanan vaksinasi bagi lansia.

"Sebab, capaian vaksinasi bagi lansia di Kota Kupang baru mencapai 65 persen, sementara lima persen diantaranya merupakan Warga luar atau bukan memiliki KTP Kota Kupang," demikian Retnowati.***

Editor: Yance Jengamal

Tags

Terkini

Sebuah Rumah di Naimata Dilalap Si Jago Merah

Jumat, 28 Januari 2022 | 21:30 WIB

Cegah Lakalantas, Polisi Tambal Jalan Berlubang

Jumat, 28 Januari 2022 | 18:00 WIB

Kajati NTT Nilai Arteria Dahlan Tidak Beretika

Kamis, 27 Januari 2022 | 18:14 WIB
X