BPBD Kota Kupang Akan Lakukan Uji Faktual Penerima Bantuan Seroja

- Selasa, 18 Januari 2022 | 08:40 WIB
Salah satu kios buah mikik warga Kota Kupang yang terdampak siklon tropis seroja beberapa waktu lalu. (Sinta Tapobali/vn)
Salah satu kios buah mikik warga Kota Kupang yang terdampak siklon tropis seroja beberapa waktu lalu. (Sinta Tapobali/vn)

KUPANG,VICTORY NEWS-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang akan melakukan uji faktual di seriap rumah korban terdampak Badai Seroja.

Uji faktual dilakukan guna menentukan jumlah bantuan yang akan diterima warga terdampak Siklon Tropis Seroja, awal April 2021 lalu.

Baca Juga: Raih WTP, General Manager Swasti Sari: Ini Karena Anggota


Kepala BPBD Kota Kupang, Jimmi Didok menjelaskan, pada Senin (17/1/2022) kemarin, BPBD bersama tim teknis akan melakukan rapat untuk menindaklanjuti uji faktual di masing-masing rumah korban terdampak Seroja atau penerima bantuan. Sehingga jelas diketahui besaran bantuan yang pantas diterima korban Seroja sesuai tingkat kerusakannya.

Baca Juga: Bawaslu NTT Terima Penghargaan Dari Bawaslu RI

“Jadi misalnya penerima bantuan masuk dalam kategori rusak tetapi setelah dilakukan uji faktual, biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan tersebut dibutuhkan anggaran Rp20 juta, maka tim teknis akan memberikan informasi ke pihak Bank, agar bantuan Seroja dicairkan Rp20 juta sesuai dengan kondisi ril di lapangan,” Ungkap Jimmi, Senin (17/1/2022) siang.

Semua kerusakan, kata dia, akan dihitung mulai dari atap rumah, hingga kerusakan pintu maupun jendela.

Baca Juga: Beri Pembekalan Kepada Mahasiswa KKN, Ini Kata Wakil Rektor Unwira Kupang Samuel Igo Leton

"Kita semua merujuk pada review APIP dan penilaian dari tim teknis saat turun langsung ke lapangan,” ungkapnya

Lurah Penfui, Fransisko Dugis sebelumnya,mengatakan, dari 225 Kepala Keluarga terdampak seroja, hanya 58 KK yang lolos verifikasi APIP BNPB. Dari 58 KK tersebut, dirincikan sebanyak 54 rusak ringan, 1 rusak sedang dan 3 rumah rusak berat.***

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASN NTT akan Mulai Gunakan Kendaraan Listrik

Minggu, 3 Juli 2022 | 09:00 WIB

47 Anggota Polresta Kupang Kota Naik Pangkat

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:31 WIB
X