Pergantian Pejabat Picu Serapan Dana Desa di bawah 100 Persen

- Rabu, 26 Januari 2022 | 18:33 WIB
 Penyerapan dana desa tahun 2021 pada lima kabupaten di BTT belum mencapai 100 persen. Foto: Victory News-Mikael Umbu
Penyerapan dana desa tahun 2021 pada lima kabupaten di BTT belum mencapai 100 persen. Foto: Victory News-Mikael Umbu

KUPANG, VICTORY NEWS - Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT Catur Ariyanto Widodo menyebutkan, pergantian pejabat di lingkungan desa menjadi pemicu penyerapan dana desa tahun 2021 belum 100 persen pada lima Kabupaten di NTT.

"Kelima Kabupaten tersebut masing-masing Kabupaten Lembata, Belu, TTU, Ende dan Kabupaten Sumba Barat Daya," kata Catur.

Ia mengatakan, penyerapan di bawah 100 persen karena Sumber Daya Manyusia (SDM) di desa perlu didorong untuk lebih berkembang. Kemudian peran dari pemerintah daerah untuk memberikan pendampingan.

Baca Juga: 20 Kecamatan di Sumba Timur Sudah Deklarasikan Kecamatan Ramah Anak

Menurutnya, yang terjadi di beberapa desa ada hal-hal yang bersifat kekurangan dan sebagainya tetapi ada juga ada yang sifatnya pengelolaan sumber daya yang perlu ditingkatkan.

"Contohnya satu mutasi salah satu pejabat di desa, ini yang menjadi hambatan," kata dia.

Tahun 2021 lalu, diakuinya, dilakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Untuk itu, secara masif ada pergantian akibatnya menghambat penyaluran dana desa di lima kabupaten.

Baca Juga: Diaudit Itjenau, Lanud El Tari Optimis Benahi Program Kerja

"Kita mencatat ada 104 Desa yang mengalami keterlambatan diantaranya 97 Desa di TTU, Lembata 1 Desa, 5 di Ende dan Belu 1 Desa," sebutnya.

Ia menjelaskan, 97 Desa di Kabupaten TTU mengalami keterlambatan karena masalah SDM yang ada di desa . Dimana ada 54 pemenuhan pengajuan dokumennya terlambat dilakukan melalui aplikasi.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

Inkindo NTT Siap Gelar Musyawarah Provinsi Ke-10

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:22 WIB

Terdakwa Randi Badjideh Tiba di PN Kupang

Selasa, 17 Mei 2022 | 08:41 WIB
X