Tidak Bangun Fasilitas, Pemkot Kupang Tidak Boleh Pungut Retribusi Parkir

- Kamis, 27 Januari 2022 | 17:39 WIB
Seorang pengelola parkir di Kota Kupang sedang mengatur kendaraan di Jalan Seoharto, Kamis (27/1/2022) Foto : Victory News/Rafael L Pura.
Seorang pengelola parkir di Kota Kupang sedang mengatur kendaraan di Jalan Seoharto, Kamis (27/1/2022) Foto : Victory News/Rafael L Pura.

KUPANG, VICTORY NEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) tidak boleh menagih retribusi parkir pada area tertentu yang tidak dibangun sarana dan prasarana penunjang.

Anggota DPRD Kota Kupang, Djainudin Lonek kepada Victory News, Kamis (27/1/2022) menilai, pengelolaan parkiran di Kota Kupang masih kontra prestasi, dimana pemerinta tidak membangun sarana dan prasarana tapi kemudian memungut retribusi parkir.

"Pemerintah, seharusnya membangun sarana prasarannya. Kemudian masyarakat menggunakan dan dari situ baru pemerintah bisa memungut retribusinya," katanya.

Baca Juga: Terkait Korupsi Kasus Tanah Depan Sasando, Kejati NTT Periksa Kembali Keluarga Jonas Salean

Djainudin mencontohkan, pengutan retribusi parkir pada ruas jalan utama provinsi dan pusat di sepanjang jalan Soedirman dan Soeharto. Pemerintah tidak membangun sarana prasana, tapi tetap memungut retribusi parkir.

Ketua Partai Partai Pembangunan Persatuan (PPP) Provinsi NTT ini menilai, pemerintah tidak usah lagi memungut tetribusi pada ruas jalan itu, mengingat tidak ada kontribusi apapun dari pemerintah.

Kepala Dinas Perhubungan, Bernadinus Mere mengklaim telah membangun sarana parsarana di semua titik parkir yang menjadi kewenangan pemerintah kota.

Baca Juga: Setelah Eksekusi Thomas More ke Rutan, Kejati NTT Akan Sita Tanah Negara

Sarana prasarana itu berupa marka parkir, serta atribut dan perlengkapan untuk pengelolah parkir.

Kata Bernadinus, selain memungut retribusi, semangat pengeloaan parkir itu juga untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

Chris Mboeik: Partai Politik Butuh Media

Minggu, 22 Mei 2022 | 09:35 WIB
X