Soal Bantuan Seroja, Ketua DPRD NTT Minta Pemerintah Jangan Potong Hak Masyarakat

- Kamis, 27 Januari 2022 | 20:56 WIB
Kondisi rumah warga Kota Kupang yang rusak akibat bencana badai Siklon Tropis Seroja yang melanda NTT pada awal April 2021. (Dok.Victorynews.id)
Kondisi rumah warga Kota Kupang yang rusak akibat bencana badai Siklon Tropis Seroja yang melanda NTT pada awal April 2021. (Dok.Victorynews.id)

KUPANG,VICTORY NEWS-Ketua DPRD NTT Emelia Julia Nomleni meminta pemerintah kabupaten/kota di NTT agar jangan memotong hak masyarakat penerima bantuan Siklon Tropis Seroja dari BNPB.

DPRD NTT, kata dia, mendapat banyak laporan dari masyarakat bahwa proses penyaluran dana bantuan Seroja yang dikucurkan BNPB tidak transparan dan diduga ada penyimpangan dan tidak fair.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Bersubsidi di NTT Diberlakukan Secara Bertahap

"Kami tetap pantau karena ada banyak laporan yang masuk bilang ada pemotongan, dan ada juga yang bilang bahwa ada rusak ringan tetapi kenapa di data BNPB rusak berat, pertanyaannya yang mendata itu siapa? Pemerintah kan. Sehingga pemerintah harus transparan dan fair dalam hal ini," Tegas Emi saat diwawancarai Victorynews.id, Kamis (27/1/2022).

Menurut dia, yang menjadi kesulitan saat ini adalah verifikasi faktual dilaksanakan setelah korban seroja memperbaiki rumahnya. Sebab, korban tidak mungkin tinggal dalam rumah yang rusak selama berbulan-bulan sampai ada bantuan.

Baca Juga: Sembilan WBP Lapas Atambua Dapat Asimilasi di Rumah

"Kebanyakan masyarakat sudah perbaiki rumahnya, kemudian dana bantuan baru cair namun dalam verifikasi faktual itu ditemukan rumah sudah diperbaiki maka penyaluran itu harus transparan dan fair jangan membuat masyarakat kesulitan dalam menerima hak mereka,"jelasnya.

Seharusnya pemerintah, kata dia, waktu pendataan awal memberitahukan para korban untuk menyiapkan pertanggungjawaban terhadap perbaikan rumah yang rusak sehingga tidak ada persoalan saat penyaluran dana bantuan Seroja.***

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inkindo NTT Siap Gelar Musyawarah Provinsi Ke-10

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:22 WIB

Terdakwa Randi Badjideh Tiba di PN Kupang

Selasa, 17 Mei 2022 | 08:41 WIB
X