BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Lima Wilayah Perairan NTT

- Jumat, 18 Maret 2022 | 16:30 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi perairan (maritim.bmkg.go.id)
Ilustrasi gelombang tinggi perairan (maritim.bmkg.go.id)



KUPANG, VICTORYNEWS-BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang mengingatkan warga pesisir, nelayan, dan operator kapal mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di lima wilayah perairan NTT.

Potensi gelombang tinggi itu diperkirakan terjadi selama dua hari, 18-19 Maret 2022.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang Syaeful Hadi mengatakan prakiraan ini sesuai dari hasil pemantauan BMKG Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Ia menyebutkan, gelombang dengan tinggi 1.25 hingga 2.5 meter berpeluang terjadi di wilayah perairan Laut Sawu bagian selatan dan perairan utara Kupang-Rote.

Baca Juga: Ini 14 UMKM Asal NTT yang Ikut Meriahkan Ajang MotoGP Mandalika

Gelombang dengan tinggi 2.5 hingga 4.0 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Kupang-Rote dan Samudera Hindia Selatan Kupang-Rote.

Sedangkan, gelombang tinggi mencapai 4.0 hingga 5.0 meter berpeluang terjadi di perairan Samudera Hindia Selatan Sumba-sabu.

"Gelombang seperti ini lebih diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran terutama perahu nelayan, ferry, kapal tongkang dan kapal kargo," ujarnya.

Baca Juga: Saatnya Sepak Bola NTT Bangkit untuk Mengukir Prestasi

Menurutnya, potensi gelombang tinggi ini akibat pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Tenggara Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Baca Juga: Hakim PN Jakarta Selatan Bebaskan 2 Polisi Penembak Laskar FPI di Cikampek

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Utara Sabang, Perairan barat Nias, Perairan Kep. Mentawal, Perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Aceh hingga Bengkulu, Perairan  Sawu dan Perairan Kupang-Rote," jelasnya.***

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X