Valencio Hanya Kuliah 1 Tahun di Western Michigan University Amerika, Langsung Dapat Gelar

- Sabtu, 9 April 2022 | 17:59 WIB
Valencio Galen Kristanto bersama para guru dan siswa-siswa ESCS Kupang usai dinyatakan diterima di Western Michigan University Amerika.  (DOK : ESCS KUPANG)
Valencio Galen Kristanto bersama para guru dan siswa-siswa ESCS Kupang usai dinyatakan diterima di Western Michigan University Amerika. (DOK : ESCS KUPANG)

KUPANG, VICTORY NEWS - Siswa SMA di Excellent Spirit Christian School (ESCS) Kupang yang baru berusia 15 tahun, Valencio Galen Kristanto akan melanjutkan studi di kampus ternama Western Michigan University Amerika.

Valencio bahkan hanya kuliah satu tahun dan langsung mendapatkan gelar dari kampus di Amerika itu. Dia mengambil jurusan bisnis dengan sistem 2+1 yakni 2 tahun di Indonesia dan 1 tahun di Amerika

"Anak saya ambil jurusan bisnis yang 2+1 (2 tahun di Indonesia, 1 tahun di Amerika). Apabila setelah lulus 1 tahun yang di Amerika otomatis sudah dapat gelar Amerika, tinggal urus gelar Indonesia saja sepulang dari sana (Amerika)," ungkap orangtua Valencio, Henry Kristanto Soedjoko yang dihubungi victorynews.id, Sabtu (9/4/2022). 

Baca Juga: Lulus SMA 15 Tahun di Kupang, Valencio Diterima Western Michigan University Amerika Tanpa Test

Dia mengatakan, Valencio mulai Juni 2022 mulai kuliah di Jakarta selama 2 tahun, kemudian dilanjutkan ke Western Michigan University Amerika selama 1 tahun. 

"Sebetulnya waktu mau masuk di Western Michigan University Amerika itu dia ada tes juga. Dia tes DuolingoHasilnya juga memuaskan kalau tidak salah di angka 115 dan itu sudah melampaui dari score minimal yang ditetapkan yaitu 95," kata Henry Kristanto. 

Ia mengatakan, sebagai orangtua ia bersama istrinya terus memberikan bimbingan dan dorongan sekaligus mengingatkan Valencio untuk belajar yang rajin. 

Baca Juga: HIPMI Kota Kupang Hadirkan Go Digital Marketing di Pasar Tani Undana

"Sesekali bertanya apakah pacesnya masih kurang banyak ataukah ada kesulitan. Kebetulan kalau untuk Bahasa Inggris terus terang saja, anak saya lebih jago dari saya sehingga dia murni belajar sendiri tanpa les," katanya.

"Dia hanya les di EF Kupang saja untuk bahasa inggris. Itupun juga hanya untuk pengisi waktu biar dia ada teman yang sebaya, karena di sekolah dia murid paling besar," ujar Kristanto. 

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X